@misc{eprints66867, month = {September}, title = {PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER TERHADAP HIGHER ORDER THINKING SKILLS PESERTA DIDIK KELAS V SEKOLAH DASAR}, author = {1813053086 TIARA FADILAH}, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN}, year = {2022}, url = {http://digilib.unila.ac.id/66867/}, abstract = {Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya higher order thinking skills peserta didik kelas V di SD Negeri 1 Triharjo. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan model pembelajaran treffinger terhadap higher order thinking skills peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian eksperimen dengan jenis penelitian kuantitatif dan desain penelitian pre-experimental design. Populasi berjumlah 115 dan sampel yang digunakan yaitu 26 peserta didik kelas VA. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster sampling. Teknik pengambilan data menggunakan tes dan dokumentasi. Uji hipotesis menggunakan uji t. Berdasarkan hasil penelitian ini terdapat pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaran treffinger terhadap higher order thinking skills peserta didik kelas V di SD Negeri 1 Triharjo yang ditunjukkan dengan nilai signifikansi sebesar 0.000 (p={\ensuremath{<}}0,05). Kata Kunci : higher order thinking skills, model pembelajaran treffinger The problem in this study is the low higher order thinking skills of fifth grade students at SD Negeri 1 Triharjo. This study aims to analyze the effect of the application of the treffinger learning model on the students' higher order thinking skills. The research method used is an experimental research method with quantitative research and pre-experimental design. The population is 115 and the sample used is 26 students in class VA. The sampling technique used was cluster sampling. Data collection techniques using tests and documentation. Hypothesis test using t test. Based on the results of this study, there is a significant effect the application of the treffinger learning model on the higher order thinking skills grade students at SD Negeri 1 Triharjo, which is indicated by a significance value of 0.000 (p = {\ensuremath{<}}0.05). Keywords : higher order thinking skills, treffinger learning model} }