%0 Generic %9 Other %A Nuraini, 1013041049 %C Universitas Lampung %D 2014 %F eprints:6689 %I Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan %T PEMBELAJARAN MEMAHAMI TEKS EKSPLANASI PADA SISWA KELAS VII SMPN 13 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2013/2014 %U http://digilib.unila.ac.id/6689/ %X ABSTRAK Pembelajaran memahami teks eksplanasi pada siswa kelas VII SMP Negeri 13 Bandar Lampung merupakan permasalahan dalam penelitian ini. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan pembelajaran memahami teks eksplanasi pada siswa kelas VII SMP Negeri 13 Bandar Lampung tahun pelajaran 2013/2014. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif, yaitu penulis mendeskripsikan hasil penelitian dan analisisnya terhadap tahapan kegiatan dalam pembelajaran memahami teks eksplanasi. Untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran memahami teks eksplanasi pada siswa kelas VII SMP Negeri 13 Bandar Lampung, penulis menganalisis perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah kegiatan pembelajaran memahami teks eksplanasi yang dilakukan oleh guru dan aktivitas siswa dalam pembelajaran. Untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini, penulis menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa guru telah melaksanakan tiga tahap kegiatan pembelajaran. Ketiga tahap kegiatan tersebut ialah kegiatan perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran. Perencanaan pembelajaran tertuang dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang disusun oleh guru bidang studi Bahasa Indonesia mengikuti format RPP kurikulum 2013. Pada pelaksanaan kegiatan pembelajaran menunjukkan bahwa beberapa kegiatan guru telah memenuhi konsep pembelajaran kurikulum 2013. Kegiatan siswa dalam pembelajaran meliputi aktivitas mengamati berupa mengamati media pembelajaran, yaitu media cetak yang berupa teks eksplanasi dan teks eksposisi. Berdasarkan pemodelan yang diberikan, siswa diminta untuk menemukan perbedaan struktur dan ciri dari kedua teks tersebut. Aktivitas menanya berupa pertanyaan yang diajukan siswa kepada guru hanya sekedar menanyakan kejelasan tentang tugas. Aktivitas mengumpulkan informasi berupa mengumpulkan data melalui sumber belajar, penjelasan guru, dan hasil diskusi bersama teman sekelompok dan setiap siswa dalam kelompok berusaha menyumbangkan pendapat dan pemikiran mereka dalam membuat argumentasi. Selanjutnya aktivitas menalar berupa aktivitas yang mengarahkan siswa untuk mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari berbagai sumber. Aktivitas yang terakhir ialah mengomunikasikan, aktivitas mengomunikasikan hanya diwujudkan oleh siswa melalui kegiatan berdiskusi. Penelitian yang berikutnya mengenai penilaian pembelajaran. Kegiatan pembelajaran memahami teks eksplanasi terdiri atas dua penilaian, yaitu penilaian sikap dan penilaian pengetahuan dilakukan dengan memberikan dua soal tes tertulis yang dikerjakan secara berkelompok. Pada penelitian ini, dapat dikatakan bahawa pembelajaran yang dilaksanakan guru sudah cukup baik.