@misc{eprints66930, month = {Januari}, title = {PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS EVERYDAY-LIFE PHENOMENA PADA MATERI REDOKS}, author = {1513023028 Rizza Sefitriana}, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {PENDIDIKAN KIMIA}, year = {2022}, url = {http://digilib.unila.ac.id/66930/}, abstract = {ABSTRAK PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS EVERYDAY-LIFE PHENOMENA PADA MATERI REDOKS Oleh RIZZA SEFITRIANA Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan modul berbasis everyday life phenomena pada materi reaksi redoks, yang mengaitkan materi pembelajaran dengan fenomena kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul berbasis everyday life phenomena pada materi reaksi reduksi oksidasi (redoks). Penelitian ini menggunakan desain penelitian dan pengembangan Borg and Gall yang telah dilakukan sampai 5 tahap, yakni:(1) penelitian dan pengumpulan informasi;(2) perencanaan;(3) pengembangan produk awal;(4) uji coba lapangan awal;dan(5) revisi hasil uji coba. Kevalidan dan kelayakan modul hasil pengembangan diukur berdasarkan proses validasi dan pengujian. Subjek dalam penelitian ini melibatkan 3 guru dan 15 siswa kelas XI di SMA YP Unila Bandarlampung. Diperoleh hasil validasi ahli pada aspek kesesuaian isi, konstruksi, dan keterbacaan diperoleh persentase berturut-turut sebesar 88,46\%; 77,77\%; dan 60,60\%, sehingga dinyatakan valid. Persentase tanggapan guru pada aspek kesesuaian isi dan keterbacaan berturut-turut sebesar 94,87\% dan 79,79\%, dengan kriteria sangat tinggi. Persentase tanggapan siswa pada aspek keterbacaan sebesar 86,26\% dengan kriteria sangat tinggi. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa modul ini layak digunakan menjadi salah satu sumber pembelajaran di sekolah khususnya pada materi reaksi redoks. Kata Kunci :modul, everyday life phenomena, reaksi reduksi dan oksidasi} }