%0 Generic %A CHINTYA OKTAVIANI, 1713054016 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2021 %F eprints:66958 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T PERAN ORANG TUA DALAM MENGEMBANGKAN LITERASI DINI PADA ANAK USIA 4-6 TAHUN %U http://digilib.unila.ac.id/66958/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran orang tua dalam mengembangkan literasi dini pada anak usia 4-6 tahun. Penelitian ini merupakan penelitian non eksperimental dengan pendekatan kuantitatif dan menggunakan metode deskriptif. Jumlah populasi dalam penelitian ini sebanyak 165 orang tua (ibu) dan yang menjadi sampel dalam penelitian ini sebanyak 83 orang tua (ibu) yang menyekolahkan anaknya di TK se-Kelurahan Ambarawa, Kabupaten Pringsewu, Provinsi Lampung Penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampel probability sampling, Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan teknik proportionate stratified random sampling Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan angket. Sedangkan data dianalisis dengan menggunakan rumus interval dan persentase. Hasil penelitian peran orang tua dalam mengembangkan literasi dini pada anak usia 4-6 tahun menunjukkan bahwa peran orang tua modelling dalam mengembangkan literasi dini menunjukkan persentase 47%, tua sebagai mentoring menunjukkan persentase 58%, sebagai organizing menunjukkan persentase 41%, sebagai teaching menunjukkan persentase 51% sehingga peran orang tua dalam mengembangkan literasi dini pada anak usia 4-6 tahun di Kelurahan Ambarawa, Kabupaten Pringsewu, Provinsi Lampung didominasi oleh peran orang tua sebagai mentoring. Kata kunci : peran orang tua, literasi dini, anak usia 4-6 tahun This study aims to determine the role of parents in developing early literacy in children aged 4-6 years. This research is a non-experimental research with a quantitative approach and uses a descriptive method. The population in this study was 165 parents (mothers) and the sample in this study was 83 parents (mothers) who sent their children to kindergarten in Ambarawa Village, Pringsewu Regency, Lampung Province. The sampling technique used is proportionate stratified random sampling. Data collection in this study was conducted using a questionnaire. While the data were analyzed using interval and percentage formulas.modeling in developing early literacy it shows a percentage of 47%, parents as mentoring shows a percentage of 58%, as organizing shows a percentage of 41%, as teaching shows a percentage of 51% so that the role of parents in developing early literacy in children aged 4-6 years in Ambarawa Village, Regency Pringsewu, Lampung Province is dominated by the role of parents as mentoring. Keywords: the role of parents, early literacy, children aged 4-6 years