%A 1613041042 Daniyal Indra Prakasa %T SUDUT PANDANG PENCERITA DALAM NOVEL KEMBARA RINDU KARYA HABIBURRAHMAN EL SHIRAZY DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA %X Masalah penelitian ini adalah bagaimana teknik yang digunakan pengarang melaui sudut pandang pencerita dalam Novel Kembara Rndu karya habiburrahman el shirazy dan implikasinya dalam pembelajaran bahasa indonesia di sma. Kajian penelitian ini adalah mendeskripsikan pencerita menggunakan sudut pandang saat mengisahkan sebuah karya sastra berupa novel Kembara Rindu karya Habiburrahman El Shirazy dan implikasinya dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian yang diperoleh dalam penelitian ini yakni sebuah buku novel Kembara Rindu karya Habiburrahman El Shirazy. Teknik pengumpulan data ini yakni, teknik pustaka. Teknik Pustaka berarti peneliti sebagai instrumen kunci melakukan pencatatan secara cermat, terarah, dan teliti terhadap sumber data primer, yakni sasaran peneliti yang berupa novel Kembara Rindu karya Habiburrahman El Shirazy untuk memeroleh data-data yang dibutuhkan dalam penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pencerita dalam novel Kembara Rindu karya Habiburrahman El Shirazy terdapat sudut pandang orang ketiga. Dampak novel Kembara Rindu karya Habiburrahman El Shirazy untuk bahan belajar sastra di SMA bisa dikomunikasikan melalui bahan ajar. Karya sastra tersebut dapat digunakan untuk bahan belajar, karena termasuk kedalam kriteria untuk bahan ajar ditinjau dari: (1) aspek psikologis, (2) latar belakang budaya, (3) dan kebahasaan. Kata kunci: Kembara Rindu, Habiburrahman El Shirazy, Bahan Ajar, sudut pandang pencerita %D 2022 %C UNVERSITAS LAMPUNG %R 1613041042 %I FAKULTAS KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN %L eprints66982