%A 1813023031 ITA ROSITA %T EFEKTIVITAS MODEL DISCOVERY LEARNING BERBASIS ETNOKIMIA PELANGIRAN DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS (KPS) SISWA PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NONELEKTROLIT %X Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model discovery learning berbasis etnokimia pelangiran dalam meningkatkan keterampilan proses sains (KPS) siswa pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit. Metode penelitian yang digunakan yaitu kuasi eksperimen dengan pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas X IPA SMA Negeri 9 Bandar Lampung tahun ajaran 2021/2022. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik purposive sampling dan diperoleh X IPA 4 sebagai kelas eksperimen dan X IPA 5 sebagai kelas kontrol. Analisis data menggunakan uji perbedaan dua rata-rata secara statistik parametrik dengan independent samples t-test. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa meskipun rata-rata nilai n-gain di kedua kelas penelitian berkriteria sedang, akan tetapi terdapat perbedaan yang signifikan antara rata-rata nilai n-gain KPS siswa kelas eksperimen dan kontrol dengan rata-rata nilai n-gain KPS siswa kelas eksperimen lebih tinggi dibanding kelas kontrol. Hal ini menunjukkan bahwa model discovery learning berbasis etnokimia pelangiran efektif dalam meningkatkan KPS siswa pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit. Kata kunci: discovery learning, etnokimia pelangiran, keterampilan proses sains %D 2022 %C Universitas Lampung %R 1813023031 %I Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan %L eprints67017