@misc{eprints67024, month = {September}, title = {ANALISIS KESULITAN MEMBACA PERMULAAN PESERTA DIDIK KELAS I SD NEGERI 2 METRO UTARA}, author = {1853053005 Questy Alqurnia}, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN}, year = {2022}, url = {http://digilib.unila.ac.id/67024/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis serta mendeskripsikan kesulitan membaca permulaan peserta didik, faktor yang melatarbelakangi serta solusi untuk mengatasi kesulitan membaca permulaan peserta didik kelas I SD Negeri 2 Metro Utara. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini yaitu peserta didik, pendidik dan orang tua peserta didik. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas I SD Negeri 2 Metro Utara. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan kesulitan membaca permulaan peserta didik kelas I pada umumnya yaitu kesulitan mengingat huruf, sehingga dapat berpengaruh pada kesulitan membaca permulaan lainnya, seperti belum mengetahui huruf vokal, belum mengetahui huruf konsonan, belum mengetahui huruf diftong, belum mengetahui huruf digraf, belum mampu membaca suku kata, belum mampu membaca kata, kesulitan membedakan huruf yang bentuknya hampir sama, belum mengetahui fungsi penggunaan tanda baca, membaca masih ragu atau takut salah dan membaca yang masih tersendat-sendat. Faktor dari kesulitan membaca permulaan yaitu faktor intelektual, faktor lingkungan, dan faktor psikologis. Solusi yang diberikan pendidik di kelas yaitu pendidik menyempatkan waktu untuk membimbing peserta didik di kelas dengan memanggil peserta didik yang mengalami kesulitan dalam membaca, pendidik menggunakan media seperti buku membaca untuk melatih kemampuan peserta didik dalam mengenal huruf dan pendidik bekerjasama dengan orang tua dalam memantau perkembangan peserta didik. Kata kunci : faktor, kesulitan membaca permulaan, solusi This study aims to analyze and describe the students' initial reading difficulties, the background factors and solutions to overcome the students' initial reading difficulties in grade I SD Negeri 2 Metro Utara. This study used a qualitative method. Sources of data in this study are students, educators and parents of students. The subjects in this study were grade one students of SD Negeri 2 Metro Utara. Data collection techniques in this study are observation, interviews, and documentation. The results showed that the difficulty of reading the beginning of the grade one in general was difficulty remembering letters, so that it could affect other beginning reading difficulties, such as understanding vowels, understanding consonants, understanding diphthongs, understanding digraph letters, not being able to read. syllables, unable to read words, difficulty distinguishing letters that have almost the same shape, do not know the function of using punctuation marks, reading is still doubtful or afraid of being wrong and reading is still stuttering. Factors from the difficulty of early reading are intellectual factors, environmental factors, and psychological factors. The solution provided by educators in the classroom is that educators take the time to guide students in class by calling students who have difficulty in reading, educators use media such as reading books to train student?s ability to recognize letters and educators collaborate with parents in monitoring student progress. educate. Keywords : early reading difficulties, factor, solution } }