%0 Generic %A Arzela Feby Tamania, 1846011003 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2022 %F eprints:67041 %I FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK %T PENGAMBILAN KEPUTUSAN REMAJA BERBELANJA ONLINE SHOP DI MASA PANDEMI : PILIHAN ATAU KETERPAKSAAN (Studi Pada Siswi SMA Negeri 1 Blambangan Umpu, Kecamatan Blambangan Umpu, Kabupaten Way Kanan) %U http://digilib.unila.ac.id/67041/ %X Fenomena pandemi covid-19 yang menyebar secara cepat memberikan pertumbuhan positif terhadap perkembangan e-market. Pembatasan kontak fisik yang diterapkan membuat masyarakat lebih memilih belanja dalam e-market atau belanja online. Tujuan dari penelitian ini adalah melihat bagaimana remaja mengambil keputusan dalam berbelanja online, serta bagaimana realita barang yang mereka beli melalui online shop. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa remaja berperilaku atau bertindak secara rasional instrumental dalam mencari informasi produk, tindakan berorientasi nilai dengan mempertimbangkan nilai estetika/kebutuhan/manfaat barang, tindakan tradisional dengan berbelanja berdasarkan hobi dan kebiasaan, serta bertindak secara afektif dengan membeli barang berdasarkan perasaan semata. Remaja berbelanja secara online merupakan suatu pilihan dan juga keterpaksaan dalam diri remaja. Ekspektasi barang dengan realita terbukti tidak mengecewakan, artinya barang yang dibeli sesuai dengan ekspektasi pembeli. Kata kunci : Online shop, Covid-19, Pilihan, Keterpaksaan