%0 Generic %A Syahril Sayuti , 1654151002 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2022 %F eprints:67047 %I Fakultas Pertanian %T EFISIENSI PEMASARAN KAYU GERGAJIAN SENGON (Falcataria moluccana) JENIS PAPAN PADA PENGGERGAJIAN KAYU CAHAYA UTAMA DAN PENGGERGAJIAN KAYU LANCAR DI LAMPUNG UTARA %U http://digilib.unila.ac.id/67047/ %X Kayu merupakan salah satu barang yang diminati oleh masyarakat, semakin tinggi jumlah pertumbuhan masyarakat semakin tinggi juga permintaan jumlah kayu. Hutan rakyat menjadi alternatif untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Kayu yang diambil dari hutan rakyat akan diolah menjadi produk berupa papan, balok, kasau dan reng. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui saluran pemasaran dan setelah dilakukan analisis untuk menentukan efisiensi pemasaran pada sawmill PK Cahaya Utama dan PK Lancar. Data dikumpulkan melalui observasi dan wawancara kepada responden. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis deskriptif kuantitatif yaitu analisis saluran pemasaran, margin pemasaran, margin keuntungan, analisis share harga, rasio profit margin, dan efisiensi pemasaran. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada Sawmill PK Cahaya Utama memiliki 3 (tiga) saluran pemasaran yaitu (1) Sawmill Rakyat – Konsumen Akhir, (2) Sawmill Rakyat – Pedagang Perantara – Industri Lampung Utara – Konsumen Akhir, dan (3) Sawmill Rakyat – Industri Lampung Utara – Konsumen Akhir, sedangkan PK Lancar memiliki 3(tiga) saluran pemasaran yaitu (1) Sawmill Rakyat – Konsumen Akhir, (2) Sawmill Rakyat – Industri Lampung Utara, dan (3) Sawmill Rakyat – Pedagang Perantara – Konsumen Akhir. 2. Pemasaran kayu gergajian sengon pada PK Cahaya Utama dan PK Lancar telah berjalan dengan efisien.