%0 Generic %A Lidya Angeliana Kaban, 1813041008 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2022 %F eprints:67086 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T TINDAK TUTUR DIREKTIF PADA PEMBELAJARAN DALAM JARINGAN BAHASA INDONESIA KELAS IX DI SMP NEGERI 10 BANDAR LAMPUNG DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP TAHUN PELAJARAN 2021/2022 %U http://digilib.unila.ac.id/67086/ %X Masalah dalam penelitian ini adalah tindak tutur direktif pada pembelajaran dalam jaringan (daring) bahasa Indonesia kelas IX di SMP Negeri 10 Bandar Lampung tahun pelajaran 2021/2022. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tindak tutur direktif dan implikasinya terhadap pembelajaran bahasa Indonesia di SMP. Penelitian ini menggunakan metode deksriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini berupa tuturan pendidik dan peserta didik dalam pembelajaran daring bahasa Indonesia kelas IX SMP, sedangkan data dalam penelitian ini berupa tindak tutur direktif yang digunakan pendidik dan peserta didik dalam pembelajaran daring bahasa Indonesia kelas IX di SMP Negeri 10 Bandar Lampung tahun pelajaran 2021/2022. Data penelitian ini dikumpulkan dengan teknik nonpartisipan berupa teknik simak, catat, dan rekaman, sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis heuristik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tindak tutur direktif pendidik dan peserta didik dalam pembelajaran daring kelas IX SMP terdiri atas meminta, menanya, memerintah, melarang, mengizinkan, dan menasihati. Tindak tutur direktif yang lebih dominan digunakan adalah tindak tutur direktif menanya dan tindak tutur direktif yang sedikit digunakan adalah tindak tutur direktif melarang. Tindak tutur direktif pada pembelajaran bahasa Indonesia dapat digunakan sebagai contoh dalam pembelajaran bahasa Indonesia pada SMP kelas IX tahun 2021/2022 dengan materi menelaah dan menyajikan gagasan atau pendapat serta argumen dalam teks diskusi. Kata Kunci : tindak tutur direktif, pembelajaran daring, implikasi