%0 Generic %A Reza gama prasadana, 1816051039 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2022 %F eprints:67138 %I FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK %T ANALISIS IMPLEMENTASI STRATEGI RELATIONSHIP MARKETING PADA PERUSAHAAN PDAM WAY RILAU BANDAR LAMPUNG %U http://digilib.unila.ac.id/67138/ %X Relationship Marketing merupakan model bisnis dengan tujuan mengidentifikasi, mengantisipasi, memahami kebutuhan pelanggan dengan menerapkan dimensi kepercayaan (trust), komitmen (commitment), komunikasi (communication), dan penanganan masalah (conflict handle). Di Perusahaan PDAM Way Rilau bandar Lampung, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk strategi relatonship marketing dan untuk mengetahui seberapa efektifknya strategi ini dalam menangani keluhan yang ada. Informan dalam penelitian ini berjumlah 6 orang, penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa kepercayaan (trust), komitmen (commitment), komunikasi (communication), dan penanganan masalah (conflict handle) sudah dibuat dengan baik dengan persebaran informasi yang sudah cukup merata, Akan tetapi, meskipun strategi yang diberikan PDAM sudah baik, strategi ini belum bisa dikatakan berhasil dikarenakan belum meratanya perlakuan yang diberikan perusahaan, masih saja ada konsumen yang merasa belum dipuaskan dengan pelayanan yang diberikan, meskipun begitu perusahaan berusaha semaksimal mungkin untuk membantunya dengan cara memindahkan instalasi air konsumen ke sumber bendungan yang lebih baik dengan begitu semua konsumen yang belum merasa mendapatkan kualitas produk yang baik akan merasakannya juga sama seperti konsumen yang lain. Kata Kunci: Relationship Marketing, Kepercayaan, Komitmen, Komunikasi, Penanganan Masalah.