TY - THES ID - eprints6714 UR - http://digilib.unila.ac.id/6714/ A1 - SUPARWAN, 1123011037 Y1 - 2013/// N2 - Tujuan penelitian ini adalah: (1) mendiskripsikan kondisi dan potensi sekolah di Sub Rayon 08 SMA N 1 Sekampung dalam proses pembelajaran, (2) mengembangkan model pembelajaran berbasis aneka sumber pada kompetensi penerapkan konsep dan prinsip gejala gelombang, (3) menganalisis peningkatan hasil belajar fisika siswa melalui penggunaan model pembelajaran berbasis aneka sumber, (4) menganalisis peningkatan keterampilan proses sains fisika siswa melalui pengunaan model berbasis aneka sumber. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XII SMA Sub Rayon 8 Lampung Timur. Teknik pengambilan sampel pada penelitian tahap I dan tahap II adalah random samplig. Data dikumpulkan menggunakan angket, tes dan dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian adalah: (1) kondisi dan potensi sekolah di Sub Rayon 08 SMA Sekampung sangat memungkinkan untuk dilaksanakan model pembelajaran berbasis aneka sumber sebagai suplemen dalam proses pembelajaran, (2) dihasilkan produk model pembelajaran berbasis aneka sumber dengan (sintaks) pembelajaran berupa langkah kegiatan guru, kegiatan siswa, dan sumber belajarnya, (3) penerapan model pembelajaran berbasis aneka sumber mampu meningkatkan keterampilan proses sains siswa sebesar 23.03%, (4) Rata-rata hasil belajar fisika dengan pembelajaran model berbasis aneka sumber sebesar 7.54, sedangkan dengan model pembelajaran klasikal sebesar 6.64. Kata kunci: Model Pembelajaran, Berbasis Aneka Sumber, Hasil Belajar, Keterampilan Proses. PB - Universitas Lampung M1 - masters TI - PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS ANEKA SUMBER MATA PELAJARAN FISIKA KELAS XII SMA SUB RAYON 8 SEKAMPUNG LAMPUNG TIMUR AV - restricted ER -