@misc{eprints67152, month = {Oktober}, title = {PENGARUH SELF-EFFICACY TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 3 Bandar Lampung Semester Genap Tahun Pelajaran 2021/2022)}, author = {1813021003 Candra Ramadan}, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN}, year = {2022}, url = {http://digilib.unila.ac.id/67152/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Self-efficacy terhadap kemampuan penalaran matematis siswa. Populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas VIII SM Muhammadiyah 3 Bandar Lampung semester genap tahun pelajaran 2021/2022 yang terdistribusi dalam 4 kelas. Sampel penelitian dipilih dengan teknik cluster random sampling dan terpilihlah siswa kelas VIII A dan kelas VIII B. Desain penelitian menggunakan penelitian kausal komparatif (ex post facto). Data penelitian berupa data kuantitatif yaitu berupa skor Self-efficacy siswa yang diperoleh melalui kegiatan pengisian kuesioner Self-efficacy siswa dan skor kemampuan penalaran matematis siswa yang diperoleh melalui kegiatan tes materi lingkaran. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier sederhana. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Self-efficacy memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap kemampuan penalaran matematis siswa artinya semakin tinggi Self-efficacy siswa maka kemampuan penalaran matematis siswa juga semakin tinggi. Kata kunci : Self-efficacy, kemampuan penalaran matematis. } }