TY - THES ID - eprints6718 UR - http://digilib.unila.ac.id/6718/ A1 - I NENGAH SURATA, 1023011028 Y1 - 2013/03/01/ N2 - Tujuan penelitian, untuk mengetahui:(1) keterampilan berpikir kritis siswa yang diberi model siklus belajar hipotesis-deduktif lebih tinggi daripada model siklus belajar empiris-induktif, (2) keterampilan berpikir kritis siswa yang diberi model siklus belajar hipotesis-deduktif lebih tinggi daripada model siklus belajar empiris-induktif pada penalaran formal tinggi. (3) keterampilan berpikir kritis siswa yang diberi model siklus belajar hipotesis-deduktif lebih rendah daripada model siklus belajar empiris-induktif pada penalaran formal rendah. (4) ada interaksi antara model siklus belajar dengan penalaran formal terhadap kete-rampilan berpikir kritis siswa. Metode penelitian, kuasi eksperimen desain faktorial 2 x 2. Populasi penelitian, seluruh kelas X SMA Negeri 1 Way Jepara tahun pelajaran 2011/2012 224 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling memperoleh kelas eksperimen 32 siswa dan kelas kontrol 32 siswa. Kesimpulan: (1) keterampilan berpikir kritis siswa yang diberi model siklus belajar hipotetis-deduktif lebih tinggi daripada model siklus belajar empiris-induktif (Fhitung= 4.18 > Ftabel = 4.11),? = 0,05, db = 36. (2) keterampilan berpikir kritis siswa yang diberi model siklus belajar hipotesis-deduktif lebih tinggi daripada model siklus belajar empiris-induktif pada penalaran formal tinggi. (thitung = 2.91 > ttabel = 2.10 ), ? = 0,05, df = 18. (3) keterampilan berpikir kritis siswa yang diberi model siklus belajar hipotesis-deduktif lebih rendah daripada model siklus belajar empiris-induktif pada penalaran formal rendah (thitung = ? 0.56 < ttabel = 2.10), ? = 0,05, df = 18. (4) ada interaksi secara signifikan antara model siklus belajar dengan penalaran formal terhadap keterampilan berpikir kritis siswa (Fhitung= 7.24 > Ftabel= 4.11), ? = 0,05, db = 3. Kata kunci: berpikir kritis, siklus belajar, penalaran PB - Universitas Lampung M1 - masters TI - ANALISIS KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS PADA MATA PELAJARAN FISIKA BERDASARKAN MODEL SIKLUS BELAJAR DAN PENALARAN FORMAL AV - restricted ER -