@misc{eprints67217, month = {Nopember}, title = {EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE DITINJAU DARI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 21 Bandar Lampung Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2022/2023)}, author = {1853021001 Shela Megaputri}, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN}, year = {2022}, url = {http://digilib.unila.ac.id/67217/}, abstract = {Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe think talk write ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 21 Bandar Lampung tahun pelajaran 2022/2023 yang berjumlah 254 siswa yang terdistribusi ke dalam 8 kelas secara heterogen. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-A dan VIII-C yang masing-masing terdiri dari 31 siswa yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Desain yang digunakan adalah the pretest-posttest control group design. Berdasarkan hasil uji MannWhitney U diperoleh bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa yang mengikuti pembelajaran think talk write lebih tinggi daripada kemampuan komunikasi matematis siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Hasil uji proporsi diperoleh bahwa proporsi siswa yang memiliki kemampuan komunikasi matematis terkategori baik pada kelas yang mengikuti pembelajaran kooperatif tipe think talk write lebih dari 60\% dari jumlah siswa. Dengan demikian, model pembelajaran kooperatif tipe think talk write efektif ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis siswa. Kata Kunci: efektivitas, kemampuan komunikasi matematis, think talk write.} }