?url_ver=Z39.88-2004&rft_id=1813023035&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=EFEKTIVITAS+BLENDED+LEARNING+DENGAN+MODEL+DISCOVERY+LEARNING+PADA+MATERI+LARUTAN+PENYANGGA+UNTUK+MENINGKATKAN+KETERAMPILAN+PROSES+SAINS&rft.creator=SAPUTRA%2C+DICKY&rft.subject=370+Pendidikan&rft.subject=507+Pendidikan%2C+penelitian%2C+topik+terkait+ilmu+pengetahuan+alam&rft.subject=540+Kimia+dan+ilmu+yang+berhubungan&rft.description=Penelitian+ini+bertujuan+untuk+mendeskripsikan+efektivitas+blended+learning+dengan+model+discovery+learning+pada+materi+larutan+penyangga+untuk+%0D%0Ameningkatkan+keterampilan+proses+sains+(KPS)+siswa.+Penelitian+ini+adalah+kuasi+%0D%0Aeksperimen+dengan+desain+the+matching-only+pretest+and+posttest+control+group+design.+Populasi+penelitian+ini+seluruh+siswa+kelas+XI+IPA+SMAN+1+Sukadana+Lampung+Timur+semester+genap+Tahun+Ajaran+2021%2F2022.+Teknik+pengambilan+sampel+menggunakan+teknik+purposive+sampling+dan+diperoleh+kelas+XI+IPA+3+sebagai+kelas+eksperimen+dan+XI+IPA+2+sebagai+kelas+kontrol.+Pengujian+hipotesis+menggunakan+analisis+perhitungan+rata-rata+nilai+postes+berupa+uji+perbedaan+dua+rata-rata+dengan+uji-t.%0D%0A%0D%0AHasil+penelitian+menunjukkan+bahwa%3A+(1)+rata-rata+nilai+postes+KPS+siswa+di+kelas+eksperimen+berbeda+secara+signifikan+dengan+nilai+postes+di+kelas+kontrol%2C+%0D%0A(2)+rata-rata+n-gain+KPS+siswa+di+kelas+eksperimen+berkategori+tinggi+sebesar+%0D%0A0%2C71.+Dengan+demikian%2C+dapat+disimpulkan+bahwa+blended+learning+dengan+model+%0D%0Adiscovery+learning+efektif+untuk+meningkatkan+KPS+siswa.&rft.publisher=FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN&rft.date=2022-11-10&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F67258%2F1%2F1.%2520ABSTRAK.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F67258%2F2%2F2.%2520SKRIPSI%2520FULL.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F67258%2F3%2F3.%2520SKRIPSI%2520FULL%2520TANPA%2520BAB%2520PEMBAHASAN.pdf&rft.identifier=++SAPUTRA%2C+DICKY++(2022)+EFEKTIVITAS+BLENDED+LEARNING+DENGAN+MODEL+DISCOVERY+LEARNING+PADA+MATERI+LARUTAN+PENYANGGA+UNTUK+MENINGKATKAN+KETERAMPILAN+PROSES+SAINS.++FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN%2C+UNIVERSITAS+LAMPUNG.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F67258%2F