TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints67258 UR - http://digilib.unila.ac.id/67258/ A1 - SAPUTRA, DICKY Y1 - 2022/11/10/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas blended learning dengan model discovery learning pada materi larutan penyangga untuk meningkatkan keterampilan proses sains (KPS) siswa. Penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain the matching-only pretest and posttest control group design. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas XI IPA SMAN 1 Sukadana Lampung Timur semester genap Tahun Ajaran 2021/2022. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dan diperoleh kelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 2 sebagai kelas kontrol. Pengujian hipotesis menggunakan analisis perhitungan rata-rata nilai postes berupa uji perbedaan dua rata-rata dengan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) rata-rata nilai postes KPS siswa di kelas eksperimen berbeda secara signifikan dengan nilai postes di kelas kontrol, (2) rata-rata n-gain KPS siswa di kelas eksperimen berkategori tinggi sebesar 0,71. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa blended learning dengan model discovery learning efektif untuk meningkatkan KPS siswa. PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - EFEKTIVITAS BLENDED LEARNING DENGAN MODEL DISCOVERY LEARNING PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS AV - restricted ER -