@mastersthesis{eprints6727, month = {Januari}, title = {PERBEDAAN KEMAMPUAN MENULIS NARASI MENGGUNAKAN MEDIA PICTURE SERIES DAN MIND MAPPING DENGAN KEMAMPUAN AWAL PADA SISWA KELAS X SMA N 2 MENGGALA TAHUN PELAJARAN 2012/2013}, school = {Universitas Lampung}, author = {0923011013 Dessyanna}, year = {2013}, url = {http://digilib.unila.ac.id/6727/}, abstract = {Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis : (1) interaksi antara penggunaan media picture series dan media mind mapping dengan kemampuan awal siswa terhadap kemampuan menulis narasi, (2) kemampuan menulis narasi siswa yang menggunakan media picture series lebih tinggi dari pada kemampuan menulis narasi siswa yang menggunakan media mind mapping, (3) perbedaan kemampuan menulis narasi siswa yang menggunakan media picture series lebih tinggi dari pada kemampuan menulis narasi siswa yang menggunakan media mind mapping untuk siswa yang memiliki kemampuan awal tinggi, (4) perbedaan kemampuan menulis narasi siswa yang menggunakan media picture series lebih tinggi dari pada kemampuan menulis narasi siswa yang menggunakan media mind mapping untuk siswa yang memiliki kemampuan awal rendah. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan desain faktorial 2x2. Populasi penenlitian ini adalah siswa kelas X SMAN 2 Menggala semester ganjil tahun pelajaran 2012-2013. Pengumpulan data mernggunakan instrumen tes, dan dianalisis menggunakan analisis varian dua arah anava dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Ada interaksi antara penggunaan media dan kemampuan awal terhadap prestasi menulis narasi siswa dengan nilai signifikan 0,000, (2) kemampuan menulis narasi siswa yang menggunakan media picture series lebih tinggi yaitu 64,20 dan yang menggunakan media mind mapping 55,56 (3) kemampuan menulis narasi siswa berkemampuan awal tinggi yang mengunakan media picture series adalah 23,31 lebih tinggi dari siswa yang menggunakan media mind mapping (4) kemampuan menulis narasi siswa berkemampuan awal rendah yang menggunakan media picture series adalah 12,62 lebih tinggi dari rata-rata prestasi menulis narasi siswa yang menggunakan media mind mapping. Kata Kunci: narasi, picture series, mind mapping, kemampuan awal} }