@misc{eprints67277, month = {Nopember}, title = {PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL BERHITUNG PERMULAAN ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN}, author = {1813054020 Ayu Widi Astuti}, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN}, year = {2022}, url = {http://digilib.unila.ac.id/67277/}, abstract = {Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan mengenal berhitung permulaan anak usia 5-6 tahun melalui penggunaan media pembelajaran di TK Nur Ikhsan Desa Fajar Baru Jati Agung Lampung Selatan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen dan menggunakan desain sebelum dan sesudah perlakuan. Responden penelitian yaitu 26 anak usia 5-6 tahun di TK Nur Ikhsan Desa Fajar Baru Jati Agung Lampung Selatan. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling atau seluruh populasi dijadikan sebagai sampel. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi. Analisis data menggunakan uji non parametris Wilcoxon. Hasil analisis menunjukkan terdapat peningkatan kemampuan mengenal berhitung permulaan anak usia 5-6 tahun melalui penggunaan media pembelajaran, dengan besarnya nilai Asymp.Sign 0,000 {\ensuremath{<}} 0,05. Nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 maka hipotesis diterima. Artinya ada peningkatan kemampuan mengenal berhitung permulaan anak usia 5-6 tahun melalui penggunaan media pembelajaran. Kata kunci: kemampuan mengenal berhitung permulaan, anak usia dini, penggunaan media pembelajaran} }