%A hestynur.aviva01@gmail.com HESTY NUR AVIVA %T PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN SMALL GROUP WORK TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS V DI SD GUGUS INTI 1 KECAMATAN JATI AGUNG %X ABSTRAK PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN SMALL GROUP WORK TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS V DI SD GUGUS INTI 1 KECAMATAN JATI AGUNG Oleh HESTY NUR AVIVA Masalah dalam penelitian ini rendahnya hasil belajar matematika peserta didik kelas V SD Gugus Inti 1 Kecamatan Jati Agung. Sedangkan tujuan penelitian ini untuk menganalisis ada tidaknya pengaruh strategi small group work terhadap hasil belajar matematika kelas V di SD Gugus Inti 1 Kecamatan Jati Agung. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan rancangan onegroup- pretest-posttest-design. Teknik sampling yang digunakan clastter random sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 25 peserta didik. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan rumus uji t diperoleh hasil 8,200 > 2,059 jadi dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh strategi pembelajaran small group work terhadap hasil belajar matematika kelas V di SD gugus inti 1 Kecamatan Jati Agung. Kata kunci: hasil belajar matematika, small group work, strategi pembelajaran. The problem in this study is the low mathematics learning outcomes of fifth-grade students of SD Gugus Inti 1, Jati Agung District. Meanwhile, the purpose of this study was to analyze whether or not the small group work strategy had an effect on mathematics learning outcomes for class V at SD Gugus Inti 1, Jati Agung District. The research method used in this study used a one-group-pretest-posttest-design. Sampling technique is used clastter random sampling. The sample in this study amounted to 25 students. Based on the results of hypothesis testing using the t-test formula, the results obtained are, 8200 > 2,059 so it can be concluded that there is an influence of small group work learning strategies on mathematics learning outcomes for class V in elementary cluster 1 Jati Agung District. Keywords: learning strategy, mathematics learning outcomes, small group work. %D 2022 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %R 1813053024 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %L eprints67288