title: “ STRATEGI MEDIA RELATION OLEH DINAS KOMUNIKASI INFORMASI DAN STATISTIK (DISKOMINFOTIK) PROVINSI LAMPUNG SEBAGAI MEDIA INFORMASI BAGI PUBLIK” creator: Tharisa Sekar Fayie Adhisa, tharisas25@gmail.com subject: 300 Ilmu sosial subject: 320 Ilmu politik (politik dan pemerintahan) description: ABSTRAK Strategi Media Relation Oleh Dinas Komunikasi Informasi dan Statistik (DISKOMINFOTIK) Provinsi Lampung Sebagai Media Informasi Bagi Publik Media memiliki peran yang sangat penting dalam membantu untuk menyebarluaskan informasi, membangun citra, memengaruhi, dan menginspirasi masyarakat. Tak hanya itu, media juga membantu sebuah institusi untuk berbicara kepada publik, mensosialisasikan kebijakan-kebijakan institusi, dan juga sebagai alat promosi. Namun, menjalin hubungan dengan media, diperlukan teknik-teknik public relations yang tepat dan sesuai, agar hasilnya dapat berjalan sesuai yang diinginkan. Oleh karena itu disinilah tantangan dan usaha yang perlu dipertahankan agar hubungan antara institusi dan media berjalan dengan lancar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, yaitu observasi, wawancara dan studi pustaka. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Dinas Komunikasi Informasi dan Statistik selalu berusaha menjalin hubungan baik dengan wartawan berbagai media dalam melakukan strategi media relations. Selain melakukan hubungan baik dengan wartawan, Dinas Komunikasi Informasi dan Statistik melakukan banyak kegiatan yang melibatkan banyak pihak untuk menjalin hubungan lebih luas Dengan melakukan beberapa Strategi Media Relations dengan contohnya yaitu Mengelola Relasi, Mengembangkan Strategi dan Mengembangkan Jaringan. Dengan Strategi tersebut berpengaruh dengan meningkatnya pemberitaan positif yang di dapat Dinas Komunikasi Informasi dan Statistik Provinsi Lampung. Dinas Komunikasi Informasi dan Statistik mengapresiasi wartawan atas informasi yang dipublikasikan di media massa. Dinas Komunikasi Informasi dan Statistik selalu terbuka dengan wartawan untuk mencari informasi serta selalu menjaga hubungan interpersonal yang baik agar hubungan wartawan berjalan dengan baik. Kata kunci : Public Relations, Media Relations, Strategi Media Relations publisher: FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK date: 2022-09-16 type: Diploma/Tugas Akhir type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/67333/1/1.%20ABSTRAK.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/67333/2/02.%20TA%20FULL.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/67333/3/03.%20skripsi%20tanpa%20bab%20pembahasan.pdf identifier: Tharisa Sekar Fayie Adhisa, tharisas25@gmail.com (2022) “ STRATEGI MEDIA RELATION OLEH DINAS KOMUNIKASI INFORMASI DAN STATISTIK (DISKOMINFOTIK) PROVINSI LAMPUNG SEBAGAI MEDIA INFORMASI BAGI PUBLIK”. [Diploma/Tugas Akhir] relation: http://digilib.unila.ac.id/67333/