%A 1813021037 Novri Susanti %T EFEKTIVITAS PENDEKATAN REALISTIK DITINJAU DARI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 9 Bandar Lampung Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2022/2023) %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pendekatan realistik ditinjau dari kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 9 Bandar Lampung tahun pelajaran 2022/2023 yang terdistribusi dalam delapan kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII-C yang terdiri dari 28 siswa dan VII-B yang terdiri dari 26 siswa yang dipilih dengan teknik cluster random sampling. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Berdasarkan hasil uji-t diperoleh bahwa rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan matematika realistik lebih tinggi dari rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Hasil uji proporsi diperoleh bahwa proporsi siswa yang memiliki kemampuan pemahaman konsep matematis terkategori baik pada kelas yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan matematika realistik lebih dari 60% dari jumlah siswa. Dengan demikian, pendekatan pembelajaran matematika realistik efektif ditinjau dari kemampuan pemahaman konsep matematis siswa %C Universitas Lampung %D 2022 %I Keguruan dan Ilmu Pendidikan %L eprints67338