TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints67371 UR - http://digilib.unila.ac.id/67371/ A1 - Muhammad Praja Wardana, 1746051008 Y1 - 2022/09/13/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi bisnis berdasarkan faktor internal (kekuatan dan kelemahan) dan faktor eksternal (peluang dan ancaman) serta mengetahui strategi pengembangan usaha yang efektif dan efisien pada Kolam Pemancingan Telaga Mas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Informan pada penelitian ini adalah pemilik Kolam Pemancingan Telaga Mas, karyawan, serta pengunjung. Data yang diperoleh menggunakan metode wawancara, studi literatur, dan observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis SWOT. Teknik pemeriksaan keabsahan data yang digunakan adalah jenis triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor internal yaitu kekuatan serta faktor eksternal yaitu peluang cukup dominan dalam perkembangan bisnis yang sedang dijalankan. Strategi yang bisa diterapkan oleh pengelola adalah strategi agresif yang terletak pada kuadran 1 Diagram Analisis SWOT dengan fokus utama mendukung pertumbuhan bisnis suatu perusahaan. Saran yang bisa diberikan kepada pengelola usaha adalah dengan memperhatikan peluang yang saat ini tersedia melalui kebijakan memperluas dan menambah jumlah kolam untuk merespon permintaan konsumen, serta melakukan restrukturisasi laporan keuangan agar profit hasil operasional perusahaan dapat dimanfaatkan untuk investasi aset baru guna mendorong produktivitas usaha. Kata Kunci : Analisis SWOT, Strategi Bisnis, dan Pengembangan Usaha. PB - FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK TI - ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA KOLAM PEMANCINGAN TELAGA MAS (Studi Pada Kolam Pemancingan Telaga Mas) AV - restricted ER -