@mastersthesis{eprints67405, month = {Agustus}, title = {PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FIQIH PADA MATERI BERSUCI DARI NAJIS DAN HADAS SISWA KELAS VII MTs}, school = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, author = {2023013007 AMRAN FAUZI}, year = {2022}, url = {http://digilib.unila.ac.id/67405/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk 1) menganalisis potensi dan kondisi pengembangkan e-modul berbasis model pembelajaran Discovery Learning, 2) menghasilkan bahan ajar berupa e-modul. 3) menganalisis karakteristik bahan ajar berupa e-modul berbasis Discovery Learning, 4) menganalisis efektifitas e-modul fiqih berbasis Discovery Learning. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan desain 4D ( Define, Design, Develop and Disseminate). Subjek penelitian sebanyak 28 siswa kelas VII A MTs Negeri 1 Lampung Barat. Pengambilan data menggunakan observasi, wawancara, angket dan tes efektifitas melalui pretest dan postest. Data dianalisis menggunakan N-gain. Hasil penelitian dan pengembangan ini menunjukkan bahwa : (1) potensi dan kondisi di MTs Negeri 1 Lampung Barat mendukung dan memungkinkan untuk dilakukan pengembangan bahan ajar berupa e-modul berbasis Discovery Learning ,(2) produk yang dihasilkan sudah mendapat tanggapan dari para ahli, (3) karakteristik dari bahan ajar ini dapat digunakan secara online, semua bahan dan sumber belajar telah disusun sistematis sesuai indikator dan tujuan pembelajaran pada KD bersuci dari najis dan hadas, (4) media ini efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi bersuci dari najis dan hadas, dari hasil uji pre test dan post test diperoleh persentase n-gain sebesar 71,18\% (5) media yang dihasilkan adalah menarik untuk digunakan berdasarkan hasil dari respon siswa dan guru. Kata kunci: e-modul, discovery learning, hasil belajar, bersuci dari najis dan hadas. abstract The study aims to 1) analyze the potential and conditions for developing emodules based on the Discovery Learning model, 2) produce teaching materials in the form of e-modules. 3) describe the characteristics of teaching materials in the form of Discovery Learning-based e-modules, 4) analyze the effectiveness of Discovery Learning-based fiqh e-modules. The research is a development research using 4D design (Define, Design, Develop and Disseminate). The research subjects were 28 students of class VII A of MTs Negeri 1 Lampung Barat. Collecting data using teacher notes, observations, interviews, questionnaires and effectiveness tests through pretest and posttest. Data were analyzed using N-gain. The results of this research and development show that: (1) the potential and conditions at MTs Negeri 1 Lampung Barat support and allow for the development of teaching materials in the form of e-modules based on Discovery Learning, (2) validated products meet high validity, (3) characteristics of these teaching materials can be used online, all learning materials and resources have been systematically arranged according to the indicators and learning objectives on basic competencies purification from najis and hadas, (4) this media is effective for improving student learning outcomes on purification material from najis and hadas, from the results of the pre test and post test, the percentage of ngain is 71.18\% (5) The resulting media is interesting to use based on the results of student and teacher responses Keywords: e-module, discovery learning, learning outcomes, purification from najis and hadas.} }