?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=PENGARUH+PROBLEM+BASED+LEARNING+TERHADAP+KEMANDIRIAN+BELAJAR+SISWA+SMA+KELAS+X%0D%0A&rft.creator=Nurmaidah%2C+1813034023&rft.subject=300+Ilmu+sosial&rft.subject=370+Pendidikan&rft.description=Problem+based+learning+merupakan+model+pembelajaran+yang+menggunakan%0D%0Apendekatan+berbasis+masalah+sehingga+siswa+dapat+menyusun+pengetahuannya%0D%0Asendiri+dan+dapat+menumbuhkembangkan+keterampilannya.+Selanjutnya%2C%0D%0Akemandirian+belajar+berarti+sikap+siswa+dalam+mewujudkan+kehendak+atau%0D%0Akeinginannya+secara+nyata+dengan+tidak+bergantung+kepada+orang+lain.%0D%0AKemandirian+belajar+di+sekolah+berkaitan+dengan+kegiatan+di+sekolah+antara+lain%0D%0Asiswa+mampu+melakukan+belajar+sendiri+dan+mampu+melaksanakan+tugas+dengan%0D%0Abaik.+Hal+tersebut+menjadi+sangat+penting+dalam+pengaplikasiannya+dalam+proses%0D%0Apendidikan+terutama+akan+sejalan+dengan+fungsi+pendidikan+yaitu%0D%0Amengembangkan+kemampuan+dan+membentuk+watak+serta+peradaban+bangsa+yang%0D%0Abermartabat+dalam+rangka+mencerdaskan+kehidupan+bangsa.+Penelitian+ini%0D%0Abertujuan+untuk+mengetahui+seberapa+besar+pengaruh+problem+based+learning%0D%0Aterhadap+kemandirian+belajar+siswa+kelas+X+di+SMA+Negeri+15+Bandar+Lampung.%0D%0APenelitian+ini+menggunakan+penelitian+kuantitatif.+Total+populasi+dalam+penelitian%0D%0Aini+sebanyak+132+siswa.+Teknik+pengambilan+sampel+menggunakan+jenis+simple%0D%0Arandom+sampling+yaitu+sebanyak+67+siswa.+Instrument+yang+digunakan+untuk%0D%0Amengetahui+kemandirian+belajar+siswa+menggunakan+angket+berbentuk%0D%0Apertanyaan+dengan+teknik+analisis+data+menggunakan+analisis+regresi+linier%0D%0Asederhana%2C+Hasil+penelitian+ini+menunjukkan+bahwa+ada+pengaruh+problem+based%0D%0Alearning+terhadap+kemandirian+belajar+siswa+kelas+X+di+SMA+Negeri+15+Bandar%0D%0ALampung.+Hal+tersebut+dapat+dilihat+dari+hasil+uji+t+hitung%3E+t+tabel+atau+setara%0D%0Adengan+nilai+3%2C829+%3E+0%2C6783+dengan+nilai+determinasi+sebesar+0%2C184+atau+18%2C4%25%2C%0D%0Ayang+artinya+kemandirian+belajar+dipengaruhi+oleh+model+pembelajaran+problem%0D%0Abased+learning.%0D%0AKata+kunci%3A+Pendidikan%2C+problem+based+learning%2C+kemandirian+belajar&rft.publisher=FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN&rft.date=2022-11-11&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F67428%2F1%2F1.%2520ABSTRAK%2520-%2520ABSTRACT.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F67428%2F3%2F2.%2520SKRIPSI%2520FULL.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F67428%2F2%2F3.%2520SKRIPSI%2520TANPA%2520BAB%2520PEMBAHASAN.pdf&rft.identifier=++Nurmaidah%2C+1813034023++(2022)+PENGARUH+PROBLEM+BASED+LEARNING+TERHADAP+KEMANDIRIAN+BELAJAR+SISWA+SMA+KELAS+X.++FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN%2C+UNIVERSITAS+LAMPUNG.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F67428%2F