%0 Generic %A M. Aldy Khafisar, 1816051019 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2022 %F eprints:67460 %I FAKULTAS PERTANIAN %T CUSTOMER RESPONSE INDEX (CRI) : PENGUKURAN EFEKTIVITAS IKLAN BERBAYAR PADA AKUN SOCIAL MEDIA INSTAGRAM DOESOEN COFFEE %U http://digilib.unila.ac.id/67460/ %X Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas iklan berbayar pada akun social media Instagram Doesoen Coffee. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan pendekatan kuantitatif. Jumlah responden atau sampel sebanyak 98 orang yang diperoleh dari jumlah followers akun Instagram Doesoen Coffee dengan menggunakan Rumus Slovin. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa iklan berbayar pada akun social media instagram Doesoen Coffee cukup efektif dengan nilai CRI sebesar 64,33%. Dengan demikian masih ada peluang sebesar 35,67% CRI yang masih bisa diraih. Berdasarkan hasil CRI, Doesoen Coffee perlu menerapkan strategi promosi di hari-hari khusus atau tertentu agar mampu meningkatkan action lebih dari 85,15%, sehingga dapat meningkatkan nilai CRI-nya yang dapat berpeluang meningkatkan tindakan pembelian (action). Kata Kunci : Komunikasi Pemasaran, Efektivitas Iklan, Customer Response Index