%0 Thesis %9 Masters %A NURHAYATI, 1723031018 %B FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %D 2021 %F eprints:67476 %I UNIVERSITAS LAMPUNG %T PENGARUH POLA ASUH DEMOKRATIS ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR BERBASIS KARAKTER PADA SISWA KELAS XI IPS MADRASAH ALIYAH AL-FATAH NATAR KECAMATAN NATAR KABUPATEN %U http://digilib.unila.ac.id/67476/ %X Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Pola asuh demokrastis Orang tua terhadap prestasi belajar berbasis karakter pada siswa kelas XI Ips MA Alfatah Natar. Penelitian ini termasuk dalam penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi pada penelitian ini berjumlah 40 siswa yang terbagi menjadi 2 kelas di MA Alfatah. Karena populasi dibawah 100 maka Sampel yg digunakan pada peneltian ini seluruh siswa yang berjumlah 40 siawa. Pengumpulan data dilakukan dengan kuisioner. Analisis yang digunakan adalah analisis regresi sederhana. Yaitu pengaruh antara Pola asuh demokratis orang tua dengan Prestasi belajar pada siswa MA Al-Fattah Natar Lampung, hipotesis dapat diterima dari hasil tabel uji t menunjukkan bahwa nilai t-hitung (28,392) lebih besar dari pada t-tabel (2.023), dengan tingkat signifikan 0,00 (p-value < 0,05). Hal ini menunjukkan bahwa semakin baik pola asuh demokratis orang tua maka semakin baik prestasi belajar pada siswa. Berdasarkan hasil uji F (Uji Simultan) didapatkan data nilai F hitung sebesar 19,424 dengan tingkat signifikansi 0,00, artinya bahwa secara keseluruhan penerapan pola asuh demokratis orang tua berpengaruh nyata pada prestasi belajar berbasis karakter pada MA Al-FATAH Natar. Kata kunci: Pola Asuh Orang Tua, Prestasi belajar berbasis karakter This study aims to determine and analyze the effect of parenting democratic parenting on character based learning achievement in class students XI IPS MA Al-Fatah Natar. This research is included in quantitative research using a correlative pattern. The population in this study amounted to 40 students who were divided into 2 classes in MA Al-Fatah. The sample used in this study were all students, totaling 40 students. Data was collected by means of a questionnaire. The analysis used is simple regression analysis. The results of this study indicate that the relationship between democratic parenting of parents with learning achievement in students MA Al-Fatah Natar Lampung, The hypothesis can be accepted from the results of the t-test table showing that the value of tcount (28,392) greater than ttable (2.023), with significant level 0,00 (p-value < 0,05). This shows that the better the democratic parenting of parents, the better the learning achievement of students. Based on the results of the F test (simultaneous test), the calculated F value data is 19.424 with a significance level of 0.00, meaning that overall the application of democratic parenting parents has a significant effect on character-based learning achievement at MA Al-FATAH Natar. Keywords: Democratic Parenting, Learning Achievement, Character