TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints67503 UR - http://digilib.unila.ac.id/67503/ A1 - Elisa Putri, 1713043027 Y1 - 2021/11/12/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai edukatif yang terkandung dalam tari Bedayo Tulang Bawang. Sumber data dalam penelitian ini adalah koreografer, tokoh adat dan pelatih sanggar Seni Budaya Besapen. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data dilakukan berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis dengan menggunakan langkah-langkah yaitu reduksi data, display data serta pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tari Bedayo Tulang Bawang saat ini adalah bentuk rekonstruksi dari tarian pemujaan yang dahulu digunakan agar terhindar dari wabah atau penyakit. Pada perkembangannya tarian ini berfungsi sebagai tarian penyambutan dan materi ajar di sekolah sebagai upaya pelestarian tari tradisi. Tari Bedayo Tulang Bawang memiliki nilai-nilai edukatif yang diwariskan melalui elemen gerak, properti, pola lantai dan musik iringan. Nilai religius mengajarkan siswa untuk selalu mengingat keberadaan Tuhan, mensyukuri nikmat Tuhan dan selalu ikhlas dalam setiap aktivitas. Nilai nasionalisme mengajarkan siswa untuk mengapresiasi budaya Lampung, cinta tanah air, disiplin, menghormati keragaman budaya, suku, dan agama, dan selalu menjalin kerja sama dengan siapapun. Nilai sopan santun mengajarkan siswa untuk menghormati dan menghargai orang lain dan mampu bersosialisasi dengan baik. Nilai tanggung jawab mengajarkan siswa bekerja sama menciptakan pertunjukan yang harmonis. Nilai integritas mengajarkan siswa memiliki keselarasan sikap dan perbuatan antara kejujuran, konsistensi, dan keberanian dalam melalukan segala hal. Kata Kunci: Nilai edukatif, Sanggar seni, Tari Bedayo Tulang Bawang. PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - NILAI EDUKATIF TARI BEDAYO TULANG BAWANG DI SANGGAR SENI BUDAYA BESAPEN AV - restricted ER -