@misc{eprints67507, month = {Desember}, title = {EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI.TERBIMBING MENGGUNAKAN LABORATORIUM VIRTUAL PADA MATERI.ASAM.BASA.UNTUK.MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS}, author = {Elci Oktaria}, address = {Universitas Lampung}, publisher = {Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan}, year = {2022}, url = {http://digilib.unila.ac.id/67507/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model pembe-lajaran inkuiri terbimbing.menggunakan laboratorium virtual pada materi asam basa untuk meningkatkan keterampilan proses sains. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen.dengan The Matching.Only Pretest-Posttest.Control Group.Design. Populasi penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas XI IPA SMAN 9 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2021/2022. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPA 6 dan XI IPA 7 yang diambil dengan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian berupa soal pretes dan postes keterampilan proses sains. Pengujian hipotesis pada penelitian ini menggunakan uji kesamaan dua rata-rata dan uji perbedaan dua rata-rata menggunakan SPSS 25.0 dengan Inde-pendent.Samples t-Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai postes kelas eksperi-men lebih tinggi daripada kelas.kontrol dan.pada kelas.eksperimen memiliki rata-rata n-gain yang berkategori ?tinggi?. Selanjutnya hasil uji ini menunjukkan bah-wa terdapat perbedaan rata-rata postes yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hal ini menunjukkan model pembelajaran inkuiri terbimbing menggunakan laboratorium virtual pada materi asam basa efektif meningkatkan keterampilan proses.sains. Kata Kunci : Laboratorium Virtual, Inkuiri.Terbimbing, Asam Basa, Keterampilan.Proses Sains } }