%A 1713031059 Isnaeni Fitriah %T PENGARUH MINAT BELAJAR, PENGGUNAAN APLIKASI (TIK-TOK) DAN PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS XI AKL DI SMKN 1 KALIANDA %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh minat belajar, penggunaan aplikasi (tik-tok), dan perhatian orang tua secara parsial dan simultan terhadap motivasi belajar siswa kelas XI AKL di SMK N 1 Kalianda. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif verifikatif dengan pendekatan ex post facto dan survey. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI AKL SMK Negeri 1 Kalianda. Sampel yang digunakan sebanyak 89 orang dengan teknik stratified proportionate random sampling. Teknik pengambilan data yang digunakan yaitu menggunakan kuisioner, wawancara dan dokumentasi. Uji hipotesis dilakukan secara parsial dan simultan dengan menggunakan uji t dan uji F. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh secara parsial dan simultan minat belajar, penggunaan aplikasi (tik-tok), perhatian orang tua terhadap motivasi belajar siswa. Sehingga disarankan kepada siswa agar meningkatkan minat belajar, dan guru-guru dapat memaksimalkan penggunaan aplikasi (tik-tok) saat pembelajaran. Selain itu juga, orang tua mampu memberikan perhatian dan dukungan kepada siswa agar termotivasi untuk belajar. Kata kunci: Minat Belajar, Motivasi Belajar, Penggunaan Aplikasi (tik-tok), Perhatian Orang Tua %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2022 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %L eprints67528