title: PENGARUH KEMAMPUAN AWAL TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas IX SMP Negeri 4 Bandar Lampung Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2020/2021) creator: FAKHRIYYA, NABIILA subject: 370 Pendidikan subject: 510 Matematika description: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan awal terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMP Negeri 4 Bandarlampung tahun pelajaran 2020/2021 sebanyak 320 siswa yang terdistribusi dalam sebelas kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas IX-B sebanyak 32 siswa yang dipilih dengan teknik cluster random sampling. Desain yang digunakan adalah cause and effect. Data penelitian ini berupa data kuantitatif berupa data nilai kemampuan awal dan nilai pemahaman konsep matematis yang diperoleh berturut-turut dengan nilai UAS semester genap tahun pelajaran 2019/2020 sebelum materi bilangan berpangkat dan tes pemahaman konsep setelah materi bilangan berpangkat. Hasil analisis data menunjukkan bahwa data kemampuan awal dan pemahaman konsep matematis siswa termasuk kategori sedang. Berdasarkan hasil dan pembahasan diperoleh kesimpulan bahwa kemampuan awal berpengaruh terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas IX SMP Negeri 4 Bandarlampung tahun pelajaran 2020/2021. Kata kunci: Kemampuan Awal, Pemahaman Konsep Matematis, Pengaruh publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN date: 2022-08-19 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/67557/1/ABSTRAK.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/67557/2/SKRIPSI%20FULL.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/67557/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf identifier: FAKHRIYYA, NABIILA (2022) PENGARUH KEMAMPUAN AWAL TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas IX SMP Negeri 4 Bandar Lampung Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2020/2021). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. relation: http://digilib.unila.ac.id/67557/