title: PENGARUH PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri Terpadu Melinting Semester Ganjil Tahun Ajaran 2022/2023) creator: NUR NAIM, EVA subject: 370 Pendidikan subject: 510 Matematika description: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan realistic mathematics education terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri Terpadu Melinting Semester Ganjil Tahun Ajaran 2022/2023. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling dan terpilih kelas VIII-2 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-1 sebagai kelas kontrol. Desain yang digunakan adalah pretest-postest control group design. Data penelitian ini berupa data kuantitatif yang diperoleh dari tes kemampuan pemecahan masalah matematis. Data dianalisis menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, diperoleh bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada pembelajaran pendekatan realistic mathematics education lebih baik daripada kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada pembelajaran konvensional. Dengan demikian, penerapan pendekatan realistic mathematics education berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Kata Kunci: pengaruh, kemampuan pemecahan masalah matematis, pedekatan realistic mathematics education. publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN date: 2022-11-30 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/67562/1/1.%20ABSTRAK.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/67562/2/2.%20SKRIPSI%20FULL.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/67562/3/3.%20SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf identifier: NUR NAIM, EVA (2022) PENGARUH PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri Terpadu Melinting Semester Ganjil Tahun Ajaran 2022/2023). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. relation: http://digilib.unila.ac.id/67562/