<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . "STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN STASIUN RADIO BERJARINGAN DI BANDARLAMPUNG DALAM MENDAPATKAN PENGIKLAN (Studi Pada Radio Berjaringan Sonora Lampung)\r\n\r\n"^^ . "Radio merupakan salah satu media massa konvensional yang masih bertahan\r\nhingga sekarang. Radio Sonora Lampung merupakan salah satu radio yang masih\r\neksis dalam dunia penyiaran di era digital seperti saat ini. Tujuan penelitian ini\r\nadalah mengetahui bagaimana strategi komunikasi pemasaran Stasiun Radio\r\nBerjaringan Sonora Lampung dalam mendapatkan pengiklan di era digital.\r\nPenelitian ini menggunakan model bauran komunikasi pemasaran menurut Kotler\r\ndan Amstrong dengan 5 elemen yaitu; advertising, sales promotion, public\r\nrelations, personal selling, dan direct marketing. Tipe penelitian, yaitu penelitian\r\nkulaitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data berupa sumber data primer\r\ndan sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi secara\r\nlangsung dalam pelaksanaan strategi komunikasi pemasaran; wawancara dengan\r\nbeberapa informan sebanyak 8 orang; dan dokumentasi hasil penelitian. Hasil\r\npenelitan menunjukan bahwa Radio Sonora Lampung melakukan strategi\r\nkomunikasi pemasaran meliputi strategi komunikasi pemasaran advertising, sales\r\npromotion, public relations, personal selling, dan direct marketing. Dari kelima\r\nstrategi tersebut terdapat 2 strategi yang sering digunakan; yaitu strategi promosi\r\npenjualan dan penjualan personal. Kedua strategi ini mampu menarik minat\r\npengiklan, terbukti dari pemasukan yang siginfikan jika bandingkan dengan strategi\r\nlainnya. Strategi promosi penjualan dilakukan dengan memberikan promosi dan\r\nbonus. Penjualan personal dapat membuat calon pengiklan merasa lebih nyaman\r\ndan puas dalam mendapatkan informasi yang lebih rinci terkait penawaran. Ketiga\r\nstrategi lainnya digunakan oleh Radio Sonora Lampung hanya saja lebih jarang\r\ndari kedua strategi sebelumnya. Banyak faktor penyebab, seperti kurangnya SDM\r\ndan kapasitas pribadi dari para karyawan serta beberapa aturan yang diberikan oleh\r\nradio pusat jaringan.\r\nKata kunci: Iklan, Komunikasi pemasaran, Radio Sonora Lampung, Strategi\r\n\r\nRadio is one of the conventional mass media that still survives until now, but to\r\nmaintain its existence. Radio Sonora Lampung is one of the radios that still exists\r\nin the world of radio broadcasting, even though in this digital era, which relies\r\nheavily on the internet. The purpose of this study was to find out how the Marketing\r\nCommunication Strategy of the Sonora Lampung Networked Radio Station in\r\ngetting advertisers in the digital era. This study uses the marketing communication\r\nmix model according to Kotler and Armstrong with 5 elements, namely;\r\nadvertising, sales promotion, public relations, personal selling, and direct\r\nmarketing. This type of research is a qualitative research with a descriptive\r\napproach. Sources of data in this study in the form of primary and secondary data\r\nsources. Data collection techniques were carried out by direct observation in the\r\nimplementation of marketing communication strategies, interviews with several\r\nrelated informants as many as 8 people and documentation of research results.\r\nThe results showed that Radio Sonora Lampung in getting advertisers used\r\nmarketing communication strategies advertising, sales promotion, public\r\nrelations, personal selling, and direct marketing. Based on these five strategies,\r\nthere are 2 strategies that are most often used, namely marketing communication\r\nstrategies, sales promotions and personal selling. Both of these strategies are able\r\nto attract advertisers as evidenced by their significant income when compared to\r\nother strategies. Sales promotion strategies are carried out by providing\r\npromotions and bonuses that most people like, and personal selling can make\r\npotential advertisers feel more comfortable meeting in person and satisfied in\r\ngetting more detailed information related to offers. The other three strategies are\r\nstill used by Radio Sonora Lampung, but not as often as the previous two\r\nstrategies. Many factors cause it, such as the lack of human resources and\r\npersonal capacity of the employees as well as some of the rules given by the central\r\nradio network.\r\nKeywords: strategy, marketing communication, Radio Sonora Lampung\r\n"^^ . "2022-11-21" . . . . . "FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK"^^ . . . . . . . "1646031031"^^ . "Siti Azalia Filbert"^^ . "1646031031 Siti Azalia Filbert"^^ . . . . . . "STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN STASIUN RADIO BERJARINGAN DI BANDARLAMPUNG DALAM MENDAPATKAN PENGIKLAN (Studi Pada Radio Berjaringan Sonora Lampung)\r\n\r\n (File PDF)"^^ . . . "ABSTRAK.pdf"^^ . . . "STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN STASIUN RADIO BERJARINGAN DI BANDARLAMPUNG DALAM MENDAPATKAN PENGIKLAN (Studi Pada Radio Berjaringan Sonora Lampung)\r\n\r\n (File PDF)"^^ . . . "STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN STASIUN RADIO BERJARINGAN DI BANDARLAMPUNG DALAM MENDAPATKAN PENGIKLAN (Studi Pada Radio Berjaringan Sonora Lampung)\r\n\r\n (File PDF)"^^ . . . "SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf"^^ . . . "STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN STASIUN RADIO BERJARINGAN DI BANDARLAMPUNG DALAM MENDAPATKAN PENGIKLAN (Studi Pada Radio Berjaringan Sonora Lampung)\r\n\r\n (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN STASIUN RADIO BERJARINGAN DI BANDARLAMPUNG DALAM MENDAPATKAN PENGIKLAN (Studi Pada Radio Berjaringan Sonora Lampung)\r\n\r\n (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN STASIUN RADIO BERJARINGAN DI BANDARLAMPUNG DALAM MENDAPATKAN PENGIKLAN (Studi Pada Radio Berjaringan Sonora Lampung)\r\n\r\n (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN STASIUN RADIO BERJARINGAN DI BANDARLAMPUNG DALAM MENDAPATKAN PENGIKLAN (Studi Pada Radio Berjaringan Sonora Lampung)\r\n\r\n (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN STASIUN RADIO BERJARINGAN DI BANDARLAMPUNG DALAM MENDAPATKAN PENGIKLAN (Studi Pada Radio Berjaringan Sonora Lampung)\r\n\r\n (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN STASIUN RADIO BERJARINGAN DI BANDARLAMPUNG DALAM MENDAPATKAN PENGIKLAN (Studi Pada Radio Berjaringan Sonora Lampung)\r\n\r\n (Other)"^^ . . . . . . "STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN STASIUN RADIO BERJARINGAN DI BANDARLAMPUNG DALAM MENDAPATKAN PENGIKLAN (Studi Pada Radio Berjaringan Sonora Lampung)\r\n\r\n (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN STASIUN RADIO BERJARINGAN DI BANDARLAMPUNG DALAM MENDAPATKAN PENGIKLAN (Studi Pada Radio Berjaringan Sonora Lampung)\r\n\r\n (Other)"^^ . . . . . . "STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN STASIUN RADIO BERJARINGAN DI BANDARLAMPUNG DALAM MENDAPATKAN PENGIKLAN (Studi Pada Radio Berjaringan Sonora Lampung)\r\n\r\n (Other)"^^ . . . . . . "STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN STASIUN RADIO BERJARINGAN DI BANDARLAMPUNG DALAM MENDAPATKAN PENGIKLAN (Studi Pada Radio Berjaringan Sonora Lampung)\r\n\r\n (Other)"^^ . . . . . . "STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN STASIUN RADIO BERJARINGAN DI BANDARLAMPUNG DALAM MENDAPATKAN PENGIKLAN (Studi Pada Radio Berjaringan Sonora Lampung)\r\n\r\n (Other)"^^ . . . . . . "STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN STASIUN RADIO BERJARINGAN DI BANDARLAMPUNG DALAM MENDAPATKAN PENGIKLAN (Studi Pada Radio Berjaringan Sonora Lampung)\r\n\r\n (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN STASIUN RADIO BERJARINGAN DI BANDARLAMPUNG DALAM MENDAPATKAN PENGIKLAN (Studi Pada Radio Berjaringan Sonora Lampung)\r\n\r\n (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN STASIUN RADIO BERJARINGAN DI BANDARLAMPUNG DALAM MENDAPATKAN PENGIKLAN (Studi Pada Radio Berjaringan Sonora Lampung)\r\n\r\n (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN STASIUN RADIO BERJARINGAN DI BANDARLAMPUNG DALAM MENDAPATKAN PENGIKLAN (Studi Pada Radio Berjaringan Sonora Lampung)\r\n\r\n (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #67599 \n\nSTRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN STASIUN RADIO BERJARINGAN DI BANDARLAMPUNG DALAM MENDAPATKAN PENGIKLAN (Studi Pada Radio Berjaringan Sonora Lampung) \n \n\n\n" . "text/html" . . . "380 Perdagangan, komunikasi, dan transportasi" . .