?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=PENGEMBANGAN+INSTRUMEN+ASESMEN+PADA+PEMBELAJARAN+BERBASIS+PROYEK+UNTUK+MENGUKUR+KEMAMPUAN+LITERASI+SAINS+DAN+BERPIKIR+KREATIF+SISWA+PADA+MATERI+USAHA+DAN+ENERGI&rft.creator=Dwi+Herliani%2C+1813022001&rft.subject=507+Pendidikan%2C+penelitian%2C+topik+terkait+ilmu+pengetahuan+alam&rft.subject=530+Fisika&rft.description=Penelitian+ini+bertujuan+untuk+mengembangkan+instrumen+asesmen+pada+pembelajaran+berbasis+proyek+untuk+mengukur+kemampuan+literasi+sains+dan+berpikir+kreatif+siswa+pada+materi+usaha+dan+energi+yang+valid%2C+reliabel%2C+dan+praktis+untuk+digunakan.+Jenis+penelitian+ini+adalah+penelitian+pengembangan+(R%26D)+dengan+menggunakan+7+langkah+pengembangan+yang+diadaptasi+dari+Borg+%26+Gall+(1989)%2C+yakni%3A+(1)+penelitian+dan+pengumpulan+data%3B+(2)+perencanaan%3B+(3)+pengembangan+produk+awal%3B+(4)+uji+coba+lapangan+awal%3B+(5)+revisi+hasil+uji+coba%3B+(6)+uji+coba+lapangan%3B+dan+(7)+revisi+produk+operasional.+Validasi+produk+dilakukan+oleh+dua+dosen+ahli+dan+satu+guru+untuk+menilai+aspek+konstruksi%2C+substansi%2C+dan+bahasa.+Berdasarkan+hasil+validasi+ahli+instrumen+asesmen+kemampuan+literasi+sains+dan+kemampuan+berpikir+kreatif+siswa+diperoleh+nilai+rata-rata+persentase+sebesar+85%2C73%25+dengan+kategori+sangat+tinggi.+Sehingga%2C+instrumen+asesmen+ini+layak+untuk+digunakan.+Kemudian%2C+instrumen+asesmen+ini+diujicobakan+kepada+36+siswa+dan+selanjutnya+dianalisis+menggunakan+model+Rasch+dengan+berbantuan+software+Ministep+4.5.1.+Berdasarkan+hasil+analisis+data+uji+coba+diperoleh+sebanyak+20+butir+soal+instrumen+kemampuan+literasi+sains+dan+18+butir+soal+instrumen+kemampuan+berpikir+kreatif+yang+dinyatakan+valid.+Butir+soal+pada+instrumen+asesmen+kemampuan+literasi+dan+berpikir+kreatif+siswa+dinyatakan+reliabel+dengan+nilai+alpha+Cronbach+berturut-turut+sebesar+0%2C91+dan+0%2C90+dengan+kategori+bagus+sekali.+Uji+kepraktisan+instrumen+asesmen+ini+memperoleh+rata-rata+skor+sebesar+85%2C64%25+dengan+kriteria+sangat+tinggi.+Produk+akhir+asesmen+pada+pembelajaran+berbasis+proyek+untuk+mengukur+kemampuan+literasi+sains+dan+berpikir+kreatif+siswa+pada+materi+usaha+dan+energi+yang+dikembangkan+telah+memenuhi+standar+kelayakan+instrumen%2C+yaitu+valid%2C+reliabel%2C+dan+praktis.&rft.publisher=FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN&rft.date=2022-12-05&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F67660%2F1%2F1.%2520ABSTRAK.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F67660%2F2%2F2.%2520SKRIPSI%2520FULL.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F67660%2F3%2F3.%2520SKRIPSI%2520TANPA%2520PEMBAHASAN.pdf&rft.identifier=++Dwi+Herliani%2C+1813022001++(2022)+PENGEMBANGAN+INSTRUMEN+ASESMEN+PADA+PEMBELAJARAN+BERBASIS+PROYEK+UNTUK+MENGUKUR+KEMAMPUAN+LITERASI+SAINS+DAN+BERPIKIR+KREATIF+SISWA+PADA+MATERI+USAHA+DAN+ENERGI.++FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN%2C+UNIVERSITAS+LAMPUNG.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F67660%2F