%0 Generic %A Muhtar, Wagiyah %C Universitas Lampung %D 2014 %F eprints:677 %I FKIP %T MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN REALISTIK PADA SISWA KELAS VA SDN 2 MARGA AGUNG JATIAGUNG LAMPUNG SELATAN TP 2012/2013 %U http://digilib.unila.ac.id/677/ %X Penelitian ini berawal dari rendahnya hasil test formatif yakni hanya 50% dari 22 siswa memenuhi KKM. Untuk itu perlu perbaikan pembelajaran melalui PTK dengan tujuan meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada kelas VA SDN 2 Marga Agung. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan menggunakan tahapan: 1) perencanaan 2) tindakan 3) observasi 4) refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan teknik analisis data menggunakan kualitatif untuk aktivitas belajar dan kuantitatif untuk test hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata aktivitas siswa mengalami peningkatan dilihat dari hasil pada siklus I yaitu 39,77%, dan siklus II diperoleh 64,77%. Nilai rata-rata hasil belajar siswa meningkat dari siklus I nilai rata-rata 62,27 dan siklus II memperoleh nilai rata-rata 68,50, telah memenuhi KKM yang telah ditentukan sekolah ≥ 63,00. Dengan demikian pendekatan pembelajaran matematika realistik dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Kata kunci: pembelajaran matematika realistik, aktivitas, dan hasil belajar.