TY - GEN CY - Universitas Lampung ID - eprints67703 UR - http://digilib.unila.ac.id/67703/ A1 - Panurat, Ferdinand Benyamin Y1 - 2022/10/18/ N2 - Maraknya penunggakkan pembayaran wajib Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) membuat Pemerintah Provinsi Lampung mengambil tindakan penjemputan bola kepada masyarakat dengan menghadirkan layanan berbasis android untuk memudahkan masyarakat dalam melakukan pembayaran wajib pajak dengan memanfaatkan BUMDES sebagai tempat melakukan proses pembayaran. Hal ini berguna juga untuk meningkatkan kualitas BUMDES yang mana berdasarkan data dari Dinas PMDT, masih banyak BUMDES yang tergolong dasar/tidak maju. Di bidang pelayanan publik, perlu ditunjukkan peran penggunaan teknologi untuk mempengaruhi kemudahan dalam meningkatkan kualitas hidup manusia. Diharapkan hal terpenting dalam pelayanan informasi publik adalah mampu memenuhi tuntutan transparansi serta pelayanan publik yang cepat, mudah, murah dan tidak berbelit-belit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi Program Elektronik Samsat Desa Dalam Meningkatkan Kualitas Badan Usaha Milik Desa, juga faktor-faktor penghambat dan pendukung dalam pelaksanaan kebijakan tersebut. Dengan menggunakan metode kualitatif dalam pendekatan ethnography kualitatif dan deskriptif analitik. Teknik pengumpulan data dan informasi dilaksanakan dengan observasi, wawancara, dokumentasi dan triangulasi. Faktor pendukung Implementasi Program E-Samdes di Kampung Wates yaitu meliputi Kondisi Lingkungan, Komunikasi, Sumber daya alam. Sedangkan yang menjadi faktor penghambat adalah Pendekatan, Koneksi Internet, Kualitas BUMDes (kelengkapan BUMDes) dan Sumber daya manusia. Kata Kunci : Implementasi,Program E-Samdes,Kualitas BUMDes. PB - Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik TI - IMPLEMENTASI PROGRAM ELEKTRONIK SAMSAT DESA DALAM MENINGKATKAN KUALITAS BADAN USAHA MILIK DESA (Studi di BUMDes Tersenyum Kampung Wates Kecamatan Nuban Kabupaten Lampung Tengah ) AV - restricted ER -