creators_name: Annisa Vega Laili, 1746031039 type: other datestamp: 2022-12-19 03:55:25 lastmod: 2022-12-19 03:55:25 metadata_visibility: show title: PENGARUH AKUN TIKTOK @SWARAGEMBIRA TERHADAP SIKAP FOLLOWERS DALAM PENGGUNAAN KAIN ADAT TRADISIONAL (Studi Analisis Followers Akun Tiktok @Swaragembira) ispublished: pub subjects: 380 full_text_status: restricted abstract: TikTok menjadi aplikasi yang paling banyak diunduh secara global dengan 384,6 juta pengunduh. Aplikasi TikTok kini hadir menjadi gelombang penyebaran pop culture (budaya populer), suatu pola tingkah laku yang disukai sebagian masyarakat. TikTok mampu memefektifi berbagai hal dari berbagai aspek diantaranya model berbusana generasi muda masa kini yang juga menjadi identitas yang membedakan antar individu atau antar kelompok. Hal ini membuat akun TikTok @swaragembira turut hadir memperkenalkan kain sebagai bentuk fashion dan juga budaya Indonesia. Konten dari Tiktok @swaragembira dikemas dengan sangat menarik sehingga mampu memperlihatkan pengguna TikTok bahwa style menggunakan kain adat tradisional saat ini tidak terlihat kuno atau ketinggalan zaman. Hadirnya trend fashion penggunaan kain adat tradisional yang dapat dilihat oleh setiap pengguna aplikasi TikTok, juga memungkinkan untuk memersuasi followers untuk menggunakan kain tradisional yang membutuhkan komunikasi yang efektif untuk mempersuasi. Tujuan penelitian ini ingin mengetahui bagaimana pengaruh pesan yang disampaikan akun TikTok @swaragembira kepada followersnya dalam memenuhi kebutuhan informasi dalam berkomunikasi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif korelasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengaruh penggunaan akun TikTok @swaragembira menunjukkan hasil terhadap sikap followers dalam penggunaan kain tradisional, yaitu sebesar 57,4%. Berdasarkan perhitungan tersebut diketahui bahwa pengaruh yang diberikan terhadap sikap followers dalam penggunaan kain tradisional oleh akun @swaragembira sebesar 57,4% dan sisanya 42,6% diefektifi oleh faktor lain. Kata kunci : Pengaruh, Komunikasi, Aplikasi TikTok, Kain Tradisional   Tiktok became the most downloaded application globally with 384,6 million downloads. TikTok spreads the pop culture that modifies a life style for some people. TikTok can influence certain things from various aspects, such as fashion trends of today's younger generation that represent the identity that distinguishes between individuals or groups. This phenomenon made the TikTok account @swaragembira introduce traditional cloth as a form of fashion and also Indonesian culture. The contents from Tiktok @swaragembira are attractive, so TikTok users can see that the style of using traditional clothes does not look old-fashioned or out of date. Fashion trends in TikTok, including traditional clothing, influence users in persuading followers to wear more traditional clothes, which requires effective communication. This study uses a quantitative method with a descriptive correlation approach. The results of this study indicate that the effectiveness of using the TikTok @swaragembira account shows effective results on followers' attitudes toward using traditional cloth, which is 57.4%. Based on these calculations, the @swaragembira account influences followers' attitudes towards the use of traditional clothing by 57.4%, with the remaining 42.6% being influenced by other factors. Keywords : Communication Effectiveness, TikTok Application, Traditional Clothes date: 2022-12-12 date_type: published publisher: FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK place_of_pub: UNIVERSITAS LAMPUNG id_number: 1746031039 citation: Annisa Vega Laili, 1746031039 (2022) PENGARUH AKUN TIKTOK @SWARAGEMBIRA TERHADAP SIKAP FOLLOWERS DALAM PENGGUNAAN KAIN ADAT TRADISIONAL (Studi Analisis Followers Akun Tiktok @Swaragembira). FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK, UNIVERSITAS LAMPUNG. document_url: http://digilib.unila.ac.id/67790/1/ABSTRAK.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/67790/2/SKRIPSI%20FULL.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/67790/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf