%0 Generic %A Karlina, Novi %C Universitas Lampung %D 2022 %F eprints:67804 %I Keguruan dan Ilmu Pendidikan %T ANALISIS SUMBER BELAJAR ETNOSAINS DALAM PEMBELAJARAN IPA BERBASIS STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING AND MATHEMATIC) PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN DI KECAMATAN BLAMBANGAN PAGAR, KABUPATEN LAMPUNG UTARA %U http://digilib.unila.ac.id/67804/ %X Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis etnosains masyarakat Kecamatan Blambangan Pagar, Kabupaten Lampung Utara yang dapat digunakan sebagai sumber belajar IPA bermuatan STEM pada materi sistem pencernaan. Subyek pada penelitian ini adalah tokoh adat, masyarakat, dan pendidik IPA di Kecamatan Blambangan Pagar. Teknik pemilihan sampel menggunakan purposive sampling. Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Data dalam penelitian berupa data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif yaitu data hasil wawancara dan hasil identifikasi etnosains. Data kuantitatif berupa data hasil perhitungan angket semi tertutup dan angket tertutup. Teknik pengumpulan data dengan studi kepustakaan dan studi lapangan. Studi kepustakaan melalui pengumpulan informasi dari beberapa referensi dan studi lapangan melalui wawancara, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman, dengan langkah data reduction, data display, dan verification. Hasil penelitian menunjukkan entnosains nyirih pada masyarakat Kecamatan Blambangan Pagar, sesuai dan layak digunakan sebagai sumber belajar IPA bermuatan STEM pada materi sistem pencernaan manusia. Hasil penelitian ini dapat menjadi sumber informasi bagi pendidik bahwa etnosains nyirih dapat dijadikan salah satu referensi sumber belajar IPA pada materi sistem pencernaan manusia.