%0 Generic %A HENDRIANI, FRESTI %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2022 %F eprints:67818 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T PENGEMBANGAN E-ASESMEN KOGNITIF BERBASIS LITERASI SAINS PADA MATERI IKATAN KIMIA %U http://digilib.unila.ac.id/67818/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-asesmen kognitif berbasis literasi sains pada materi ikatan kimia dan mendeskripsikan validitas, tanggapan guru, dan tanggapan siswa terhadap e-asesmen yang dikembangkan. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain penelitian dan pengembangan (R&D) menurut Borg dan Gall (2011) sampai tahap kelima dari sepuluh tahap, yaitu penelitian dan pengumpulan informasi, perencanaan produk, pengembangan produk awal, uji coba lapangan awal, dan revisi hasil uji coba lapangan awal. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu angket validasi ahli, angket tanggapan guru, dan angket tanggapan siswa. Data yang diperoleh dari validator, guru, dan siswa yang kemudian dianalisis dengan metode analisis statistik deskriptif. E-asesmen kognitif berbasis literasi sains ini menggunakan 4 aspek literasi sains, yaitu aspek tentang pengetahuan yang dibutuhkan untuk partisipasi cerdas dalam masalah sosial berbasis sains, aspek tentang kemampuan berpikir kritis tentang sains dan menangani keahlian ilmiah, aspek tentang memahami sains dan aplikasinya, dan aspek pengetahuan tentang risiko dan manfaat sains. E-asesmen ini dibuat untuk mengukur literasi sains siswa. Hasil validasi ahli dan tanggapan guru pada aspek kesesuaian isi, aspek konstruksi, dan aspek keterbacaan menunjukkan kategori sangat layak. Hasil tanggapan siswa pada aspek konstruksi dan aspek keterbacaan menunjukkan kriteria sangat layak. Dengan demikian, E-asesmen kognitif berbasis literasi sains pada materi ikatan kimia yang dikembangkan dapat dikatakan valid dan layak digunakan. Kata kunci: e-asesmen kognitif, ikatan kimia, literasi sains.