@misc{eprints67820, month = {Desember}, title = {PERANCANGAN RUANG PUBLIK PUSAT KREATIVITAS ANAK DENGAN PENDEKATAN RAMAH ANAK DI KOTA BANDAR LAMPUNG}, author = {Safira Adzhani}, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS TEKNIK}, year = {2022}, url = {http://digilib.unila.ac.id/67820/}, abstract = {Di Indonesia terdapat undang-undang yang mengatur tentang Hak Anak, dan juga terdapat Peraturan Menteri yang mengatur tentang Kota Layak Anak (KLA). Pemerintah Provinsi Lampung termasuk salah satu provinsi yang sudah mulai menerapkan konsep Kota Layak Anak. Aturan ini tertuang dalam Peraturan Daerah Provinsi Lampung Nomor 4 tahun 2008 tentang Pelayanan Terhadap Hak Hak Anak. Oleh karena itu, dibutuhkannya ruang public pusat kreativitas anak yang memiliki fasilitas yang lengkap dan lingkungan baik yang ramah anak. Dengan penerapan pendekatan ramah anak pada pusat kreativitas anak ini diharapkan dapat menyelesaikan permasalahan yang ada. Dalam perancangan ini, metode yang digunakan yaitu Metode Deskriptif Kualitatif. Menurut Etna Widodo Muchtar (2000), metode deskriptif adalah metode riset yang digunakan untuk memperjelas gejala sosial melalui berbagai variable penelitian yang saling berkaitan satu dengan lainnya. Sedangkan, Menurut Hamidi (2005), analisis kualitatif adalah analisis dengan cara mengumpulkan data berupa cerita rinci atau keadaan sebenarnya. Kemudian didapatlah hasil perancangan Ruang Public Pusat Kreativitas Anak Dengan Pendekatan Ramah Anak di Kota Bandar Lampung dengan baik dan sesuai dengan prinsip- prinsip yang terdapat pada Child Friendly Space yang ramah dengan pengguna utama yaitu Anak-Anak. Kata Kunci : Ruang Publik, Pusat Kreativitas Anak, Child Friendly Space.} }