@misc{eprints67824, month = {Nopember}, title = {PENGARUH PENGGUNAAN MARKETPLACE TERHADAP PERILAKU HEDONISME MAHASISWA FKIP UNIVERSITAS LAMPUNG}, author = {Retno Kurnia Saputri}, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN}, year = {2022}, url = {http://digilib.unila.ac.id/67824/}, abstract = {Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan marketplace terhadap perilaku hedonisme mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan pendekatan kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan angkatan 2020 dengan teknik pengumpulan data utama yaitu angket dan menggunakan teknik penunjang yaitu wawancara. Analisis data pada penelitian ini yaitu menggunakan SPSS versi 20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara penggunaan marketplace terhadap perilaku hedonisme mahasiswa FKIP Universitas Lampung. Mayoritas mahasiswa telah terbiasa menggunakan aplikasi marketplace untuk membeli barang kebutuhannya. Banyaknya penawaran dan kemudahan yang diberikan membuat mahasiswa berpotensi untuk terjebak di dalam perilaku hedonisme. Khususnya dalam ranah Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, hedonisme dapat mengancam nilai dan moral mahasiswa. Padahal sebagai mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan yang merupakan calon pendidik moral bangsa yang dimasa depan nanti akan bertugas mencetak generasi yang baik dan berbudi pekerti luhur seharusnya miliki kontrol diri yang baik. Oleh karena itu, penggunaan marketplace dan pemaknaan hedonisme yang saat ini yang hanya berorietasi gaya hidup konsumtif harus disikapi dengan baik. Kata kunci: Penggunaan Marketplace, Perilaku Hedonisme, Konsumtif, Kontrol Diri, Moral Individu} }