TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints67825 UR - http://digilib.unila.ac.id/67825/ A1 - SHELVIANA SOJJA, PUTRI Y1 - 2022/12/05/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-asesmen kognitif berbasis literasi sains pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit dan mendeskripsikan validitas, tanggapan guru, dan tanggapan siswa terhadap e-asesmen yang dikembangkan. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain penelitian dan pengembangan (R&D) menurut Borg dan Gall (1989) sampai tahap kelima dari sepuluh tahap, yaitu penelitian dan pengumpulan informasi, perencanaan produk, pengembangan produk awal, uji coba lapangan awal, dan revisi hasil uji coba lapangan awal. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu angket validasi ahli, angket tanggapan guru, dan angket tanggapan siswa. Data yang diperoleh dari validator, guru, dan siswa yang kemudian dianalisis dengan metode analisis statistik deskriptif. E-asesmen kognitif berbasis literasi sains ini dibuat untuk mengukur literasi sains siswa, yaitu aspek pengetahuan yang dibutuhkan untuk partisipasi cerdas dalam masalah sosial berbasis sains, aspek kemampuan berpikir kritis tentang sains dan menangani keahlian ilmiah, aspek memahami sains dan aplikasinya, dan aspek pengetahuan tentang risiko dan manfaat sains. Hasil validasi ahli dan tanggapan guru pada aspek kesesuaian isi, aspek konstruksi, dan aspek keterbacaan menunjukkan kategori sangat layak. Hasil tanggapan siswa pada aspek konstruksi dan aspek keterbacaan menunjukkan kriteria sangat layak. Dengan demikian, easesmen kognitif berbasis literasi sains pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit yang dikembangkan dapat dikatakan valid dan layak digunakan. Kata kunci: e-asesmen kognitif, larutan elektrolit dan non elektrolit, literasi sains. PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - PENGEMBANGAN E-ASESMEN KOGNITIF BERBASIS LITERASI SAINS PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT AV - restricted ER -