%A 1716051080 ALNANDA DIYANUSI ZAFIRA PADO %T PENGARUH IKLAN, HARGA DAN KEPERCAYAAN MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE SAMSUNG (Studi pada Masyarakat Bandar Lampung) %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh iklan, harga dan kepercayaan terhadap keputusan pembelian produk smartphone. Studi ini mengkaji keputusan pembelian produk smartphone Samsung, dilihat dari aspek iklan, harga dan kepercayaan merek dalam perspektif perilaku konsumen. Pendekatan kuantitatif diterapkan, dengan menggunakan kuesioner pada 100 responden. Pengambilan sampel menggunakan probability sampling dengan teknik simple random sampling. Data dianalisis menggunakan analisis regresi linear berganda dengan alat bantu software SPSS 26.0. Hasil studi menunjukkan bahwa iklan, harga, dan kepercayaan merek secara simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Sedangkan hasil pengujian secara parsial masing-masing variabel menunjukkan bahwa iklan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian smartphone Samsung sebesar 32%. Harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian smartphone Samsung sebesar 47%. Kepercayaan merek berpengaruh tidak signifikan terhadap keputusan pembelian smartphone Samsung sebesar 4,8%. Pengaruh terbesar terletak pada variabel harga, dengan daya saing harga menjadi faktor dominan yang perlu dipertahankan, karena menentukan keputusan pembelian smartphone. Kata kunci: iklan, harga, kepercayaan merek, keputusan pembelian %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2021 %I FAKULTAS ILMU DAN SOSIAL ILMU POLITIK %L eprints67882