%0 Generic %A Intan Nur Puri, 1413041039 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2021 %F eprints:67896 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T KEMAMPUAN MENULIS TEKS PIDATO SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 2 KALIANDA TAHUN AJARAN 2020/2021 %U http://digilib.unila.ac.id/67896/ %X Masalah dalam penelitian ini adalah kemampuan siswa dalam menulis teks pidato siswa kelas XI SMA Negeri 2 Kalianda Tahun Pelajaran 2020/2021. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kemampuan siswa dalam menulis teks pidato siswa kelas XI SMA Negeri 2 Kalianda Tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Dalam penelitian ini yang menjadi pusat perhatian adalah kemampuan menulis teks pidato siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 2 Kalianda Tahun Pelajaran 2020/2021 berjumlah 164 siswa yang tersebar dalam lima kelas dengan mengambil 20% dari jumlah populasi dengan menggunakan teknik random sampling. Jadi, sampel dalam penelitian ini berjumlah 32 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kemampuan menulis teks pidato setiap siswa dalam aspek yang terdapat di dalamnya mendapatkan hasil yang berbeda-beda. Kemampuan menulis teks pidato siswa kelas XI SMA ii Negeri 2 Kalianda Tahun Ajaran 2020-2021 diperoleh skor rata-rata keseluruhan adalah 70,37 tergolong cukup. Adapun skor pada tiap-tiap aspek di dalam kemampuan menulis teks pidato, yaitu (1) Aspek ide/gagasan didapatkan tingkat kemampuan menulis teks pidato tergolong cukup dengan skor rata-rata 74,06; (2) Aspek isi teks pidato didapatkan tingkat kemampuan menulis teks pidato tergolong cukup dengan skor rata-rata 75,00; (3) Aspek paragraf didapatkan tingkat kemampuan menulis teks pidato tergolong cukup dengan skor rata-rata 68,29; (4) Aspek diksi (pilihan kata) didapatkan tingkat kemampuan menulis teks pidato tergolong cukup dengan skor rata-rata 69,03; dan (5) Aspek penggunaan ejaan tergolong cukup dengan skor rata-rata 70,12. Kata kunci: kemampuan, menulis, teks pidato, siswa.