%0 Generic %A TRIE AFDITA, ISMA %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2022 %F eprints:67915 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T PENGARUH PERSEPSI MAHASISWA TENTANG KESEJAHTERAAN GURU, PROFESI GURU DAN EFIKASI DIRI TERHADAP MINAT MENJADI GURU PADA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI 2018 UNIVERSITAS LAMPUNG %U http://digilib.unila.ac.id/67915/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi mahasiwa tentang kesejahteraan guru, profesi guru, dan efikasi diri terhadap minat menjadi guru pada mahasiswa Pendidikan Ekonomi 2018 Universitas Lampung. Metode dalam penelitan ini menggunakan deskriptif verifikatif dengan pendekatan ex post facto dan survey. Populasi dalam penelitian adalah mahasiswa aktif Pendidikan Ekonomi angkatan 2018. Jumlah sampel pada penelitian ini berjumlah 62 orang mahasiswa dengan teknik pengambilan sampel sampel jenuh. Pengumpulan data menggunakan angket/kuesioner. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji t dan F dan diolah dengan program SPSS. Hasil penelitian ini menunjukan terdapat pengaruh persepsi mahasiwa tentang kesejahteraan guru, profesi guru, dan efikasi diri terhadap minat menjadi guru pada mahasiswa Pendidikan Ekonomi 2018 Universitas Lampung dengan kadar determinasi sebesar 0,653 atau 65,3% minat menjadi guru dipengaruhi oleh persepsi kesejahteraan guru, profesi guru, dam efikasi diri, sisanya 34,7% dipengaruhi oleh faktor lain diluar yang diteliti oleh peneliti. Kata kunci:kesejahteraan guru, profesi guru, efikasi diri, minat menjadi guru