<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . " \r\n \r\nANALISIS YURIDIS TERHADAP SENGKETA PENETAPAN UPAH\r\nMINIMUM DI WILAYAH PROVINSI LAMPUNG TAHUN 2021 \r\n\r\n(Studi Kasus Putusan PTUN Bandar Lampung Nomor : 5/G/2021/PTUN-BL) "^^ . " \r\nPasca berlakunya Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2014 Tentang Administrasi\r\nPemerintahan, kompetensi mengadili Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) mengalami\r\nperluasan kompetensi absolut yang sangat signifikan. Kewenangan untuk mengadili objek\r\nsengketa tidak saja berupa Keputusan Tata Usaha Negara (KTUN) tetapi termasuk juga\r\ntindakan faktual badan dan/atau pejabat pemerintahan. Permasalahan dalam penelitian ini\r\nadalah bagaimana perluasan objek gugatan TUN pasca berlakunya UU AP dan apakah yang\r\nmenjadi pertimbangan hakim dalam memutus sengketa penetapan upah minimum di\r\nwilayah Provinsi Lampung Tahun 2021. \r\nObjek penelitian ini tentang gugatan Sengketa Penetapan Upah Minimum Tahun 2021\r\nterkait dengan diterbitkannya Keputusan Tata Usaha Negara (KTUN) berupa Penetapan\r\nUpah Minimum Propinsi (UMP) dan/atau Upah Minimum Kabupaten/Kota (UMK) dalam\r\nwilayah Propinsi Lampung oleh Gubernur Lampung dan Putusan Pengadilan Tata Usaha\r\nNegara Bandar Lampung Nomor : 5/G/2021/PTUN-BL., menyatakan gugatan Para\r\nPenggugat tidak dapat diterima. \r\nMetode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif analitis dengan pendekatan\r\nyuridis normatif, untuk menilai kesesuaian antara norma yang berlaku dalam peraturan\r\nperundang-undangan dan studi kepustakaan untuk menggali informasi dari berbagai buku,\r\njurnal dan bahan hukum lainnya \r\nHasil penelitian menunjukan bahwa telah terjadi perluasan objek sengketa TUN yang\r\nmenjadi kompetensi absolut PTUN yang sebelumnya hanya meliputi KTUN yang bersifat\r\nindividual, salah satunya diperluas meliputi KTUN yang bersifat umum dan berlaku bagi\r\nmasyarakat. Pertimbangan hakim dalam memutus sengketa penetapan upah minimum\r\nwalaupun upaya administratif yang dilakukan telah melebihi tenggang waktu 21 hari kerja\r\nsejak diterima atau diumumkannya keputusan dan/atau tindakan, tidak menghilangkan hak\r\nuntuk mengajukan gugatan sebagaimana tertuang dalam Surat Edaran Mahkamah Agung\r\nRepublik Indonesia Nomor 5 Tahun 2021. \r\nKata Kunci: Minimum, Penetapan, Sengketa, Upah. \r\n\r\n\r\n\r\n \r\nAfter the enactment of Law Number 30 of 2014 concerning Government Administration,\r\nthe competence to try the State Administrative Court (PTUN) experienced a very significant\r\nexpansion of absolute competence. The authority to adjudicate the object of the dispute is\r\nnot only in the form of a State Administrative Decision (KTUN) but also includes factual\r\nactions of government agencies and/or officials. The problem in this study is how to expand\r\nthe object of the TUN lawsuit after the enactment of the AP Law and what is the\r\nconsideration for judges in deciding the dispute over the determination of the minimum\r\nwage in the Lampung Province in 2021. \r\nThe object of this study is the lawsuit for the 2021 Minimum Wage Fixing Dispute related\r\nto the issuance of a State Administrative Decree (KTUN) in the form of Determination of\r\nthe Provincial Minimum Wage (UMP) and/or Regency/City Minimum Wage (UMK) in the\r\nLampung Province region by the Governor of Lampung and a Court Decision Bandar\r\nLampung State Administration Number: 5/G/2021/PTUN-BL., stated that the Plaintiffs'\r\nlawsuit was unacceptable. \r\nThe method used in this study is analytical descriptive with a normative juridical approach,\r\nto assess the conformity between the applicable norms in laws and regulations and\r\nliterature studies to gather information from various books, journals and other legal\r\nmaterials. \r\nThe results of the study show that there has been an expansion of the object of state\r\nadministration dispute which has become the absolute competence of State Administrative\r\nCourts, which previously only included individual state administrative decisions, one of\r\nwhich was expanded to include public state administrative decisions and applies to the\r\ncommunity. The judge's consideration in deciding the minimum wage fixing dispute even\r\nthough the administrative efforts made have exceeded the 21 working day grace period\r\nfrom the receipt or announcement of the decision and/or action, does not eliminate the\r\nright to file a lawsuit as stated in the Circular Letter of the Supreme Court of the Republic\r\nof Indonesia Number 5 of 2021. \r\nKeywords: Minimum, Determination, Dispute, Wage. "^^ . "2022-12-09" . . . . . "FAKULTAS HUKUM "^^ . . . . . . . "maghfira0601@gmail.com"^^ . "Maghfira Nur Khaliza Fauzi"^^ . "maghfira0601@gmail.com Maghfira Nur Khaliza Fauzi"^^ . . . . . . " \r\n \r\nANALISIS YURIDIS TERHADAP SENGKETA PENETAPAN UPAH\r\nMINIMUM DI WILAYAH PROVINSI LAMPUNG TAHUN 2021 \r\n\r\n(Studi Kasus Putusan PTUN Bandar Lampung Nomor : 5/G/2021/PTUN-BL) (File PDF)"^^ . . . "01. ABSTRAK.pdf"^^ . . . " \r\n \r\nANALISIS YURIDIS TERHADAP SENGKETA PENETAPAN UPAH\r\nMINIMUM DI WILAYAH PROVINSI LAMPUNG TAHUN 2021 \r\n\r\n(Studi Kasus Putusan PTUN Bandar Lampung Nomor : 5/G/2021/PTUN-BL) (File PDF)"^^ . . . "03. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf"^^ . . . " \r\n \r\nANALISIS YURIDIS TERHADAP SENGKETA PENETAPAN UPAH\r\nMINIMUM DI WILAYAH PROVINSI LAMPUNG TAHUN 2021 \r\n\r\n(Studi Kasus Putusan PTUN Bandar Lampung Nomor : 5/G/2021/PTUN-BL) (File PDF)"^^ . . . " \r\n \r\nANALISIS YURIDIS TERHADAP SENGKETA PENETAPAN UPAH\r\nMINIMUM DI WILAYAH PROVINSI LAMPUNG TAHUN 2021 \r\n\r\n(Studi Kasus Putusan PTUN Bandar Lampung Nomor : 5/G/2021/PTUN-BL) (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . " \r\n \r\nANALISIS YURIDIS TERHADAP SENGKETA PENETAPAN UPAH\r\nMINIMUM DI WILAYAH PROVINSI LAMPUNG TAHUN 2021 \r\n\r\n(Studi Kasus Putusan PTUN Bandar Lampung Nomor : 5/G/2021/PTUN-BL) (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . " \r\n \r\nANALISIS YURIDIS TERHADAP SENGKETA PENETAPAN UPAH\r\nMINIMUM DI WILAYAH PROVINSI LAMPUNG TAHUN 2021 \r\n\r\n(Studi Kasus Putusan PTUN Bandar Lampung Nomor : 5/G/2021/PTUN-BL) (Other)"^^ . . . . . . " \r\n \r\nANALISIS YURIDIS TERHADAP SENGKETA PENETAPAN UPAH\r\nMINIMUM DI WILAYAH PROVINSI LAMPUNG TAHUN 2021 \r\n\r\n(Studi Kasus Putusan PTUN Bandar Lampung Nomor : 5/G/2021/PTUN-BL) (Other)"^^ . . . . . . " \r\n \r\nANALISIS YURIDIS TERHADAP SENGKETA PENETAPAN UPAH\r\nMINIMUM DI WILAYAH PROVINSI LAMPUNG TAHUN 2021 \r\n\r\n(Studi Kasus Putusan PTUN Bandar Lampung Nomor : 5/G/2021/PTUN-BL) (Other)"^^ . . . . . . " \r\n \r\nANALISIS YURIDIS TERHADAP SENGKETA PENETAPAN UPAH\r\nMINIMUM DI WILAYAH PROVINSI LAMPUNG TAHUN 2021 \r\n\r\n(Studi Kasus Putusan PTUN Bandar Lampung Nomor : 5/G/2021/PTUN-BL) (Other)"^^ . . . . . . " \r\n \r\nANALISIS YURIDIS TERHADAP SENGKETA PENETAPAN UPAH\r\nMINIMUM DI WILAYAH PROVINSI LAMPUNG TAHUN 2021 \r\n\r\n(Studi Kasus Putusan PTUN Bandar Lampung Nomor : 5/G/2021/PTUN-BL) (Other)"^^ . . . . . . " \r\n \r\nANALISIS YURIDIS TERHADAP SENGKETA PENETAPAN UPAH\r\nMINIMUM DI WILAYAH PROVINSI LAMPUNG TAHUN 2021 \r\n\r\n(Studi Kasus Putusan PTUN Bandar Lampung Nomor : 5/G/2021/PTUN-BL) (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . " \r\n \r\nANALISIS YURIDIS TERHADAP SENGKETA PENETAPAN UPAH\r\nMINIMUM DI WILAYAH PROVINSI LAMPUNG TAHUN 2021 \r\n\r\n(Studi Kasus Putusan PTUN Bandar Lampung Nomor : 5/G/2021/PTUN-BL) (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . " \r\n \r\nANALISIS YURIDIS TERHADAP SENGKETA PENETAPAN UPAH\r\nMINIMUM DI WILAYAH PROVINSI LAMPUNG TAHUN 2021 \r\n\r\n(Studi Kasus Putusan PTUN Bandar Lampung Nomor : 5/G/2021/PTUN-BL) (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . " \r\n \r\nANALISIS YURIDIS TERHADAP SENGKETA PENETAPAN UPAH\r\nMINIMUM DI WILAYAH PROVINSI LAMPUNG TAHUN 2021 \r\n\r\n(Studi Kasus Putusan PTUN Bandar Lampung Nomor : 5/G/2021/PTUN-BL) (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . " \r\n \r\nANALISIS YURIDIS TERHADAP SENGKETA PENETAPAN UPAH\r\nMINIMUM DI WILAYAH PROVINSI LAMPUNG TAHUN 2021 \r\n\r\n(Studi Kasus Putusan PTUN Bandar Lampung Nomor : 5/G/2021/PTUN-BL) (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . " \r\n \r\nANALISIS YURIDIS TERHADAP SENGKETA PENETAPAN UPAH\r\nMINIMUM DI WILAYAH PROVINSI LAMPUNG TAHUN 2021 \r\n\r\n(Studi Kasus Putusan PTUN Bandar Lampung Nomor : 5/G/2021/PTUN-BL) (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . " \r\n \r\nANALISIS YURIDIS TERHADAP SENGKETA PENETAPAN UPAH\r\nMINIMUM DI WILAYAH PROVINSI LAMPUNG TAHUN 2021 \r\n\r\n(Studi Kasus Putusan PTUN Bandar Lampung Nomor : 5/G/2021/PTUN-BL) (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . " \r\n \r\nANALISIS YURIDIS TERHADAP SENGKETA PENETAPAN UPAH\r\nMINIMUM DI WILAYAH PROVINSI LAMPUNG TAHUN 2021 \r\n\r\n(Studi Kasus Putusan PTUN Bandar Lampung Nomor : 5/G/2021/PTUN-BL) (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #67923 \n\n \n \nANALISIS YURIDIS TERHADAP SENGKETA PENETAPAN UPAH \nMINIMUM DI WILAYAH PROVINSI LAMPUNG TAHUN 2021 \n \n(Studi Kasus Putusan PTUN Bandar Lampung Nomor : 5/G/2021/PTUN-BL) \n\n" . "text/html" . . . "340 Ilmu hukum" . .