%0 Generic %A Shintabella Nurani Waskito, 1853034002 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2022 %F eprints:67936 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T KEMAMPUAN SPASIAL PADA MATERI KONDISI GEOGRAFIS DAN PENDUDUK SISWA KELAS VII SMP NEGERI 5 BANDAR LAMPUNG BERDASARKAN GENDER %U http://digilib.unila.ac.id/67936/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan spasial pada materi kondisi geografis dan penduduk siswa kelas VII SMP 5 Bandarlampung berdasarkan gender. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 5 Bandarlampung yang seluruhnya berjumlah 312 siswa. Sampel penelitian berjumlah 76 siswa yang terdiri dari 38 siswa laki-laki dan 38 siswa perempuan. Pengumpulan data menggunakan observasi, Spasial Thingking Ability Test (STAT), dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan spasial pada siswa berjenis kelamin laki-laki dominan berada pada kategori baik dengan persentase 42,11% atau berjumlah 16 orang, sedangkan kemampuan spasial siswa berjenis kelamin perempuan dominan berada pada kategori baik dengan persentase 44,74% atau berjumlah 17 orang. Siswa berjenis kelamin laki-laki dan perempuan memiliki kemampuan yang relatif sama pada aspek kemampuan comparrasion, region, hierarchy, analogy dan association. Siswa laki-laki lebih unggul dalam aspek kemampuan transition sedangkan siswa perempuan lebih unggul dalam aspek kemampuan aura dan pattern. Kata Kunci : gender, geografi, kemampuan spasial,. This study aims to determine the spatial ability of the material geographical conditions and the population of class VII students of SMP 5 Bandarlampung based on gender. This research is a descriptive research. The population in this study were VII grade students of SMP Negeri 5 Bandarlampung, totaling 312 students. The research sample amounted to 76 students consisting of 38 male students and 38 female students Collecting data using observation, Spatial Thinking Ability Test (STAT), and documentation. The data analysis technique used descriptive percentage. The results showed that the spatial ability of the dominant male students was in the good category with a percentage of 42.11% or 16 people, while the spatial ability of the dominant female students was in the good category with a percentage of 44.74% or 17 people. person. Male and female students have relatively the same abilities in the aspect of comparison, region, hierarchy, analogy and association abilities. Male students are superior in the aspect of transition abilities while female students are superior in aspects of aura and pattern abilities. Keywords: gender, geography, spatial ability.