creators_name: Afis Hafifah Hasanah, 1813032044 type: other datestamp: 2022-12-21 08:23:34 lastmod: 2022-12-21 08:23:34 metadata_visibility: show title: PENGARUH PERANAN GURU PENGGERAK DALAM MEWUJUDKAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DI SEKOLAH ispublished: pub subjects: 607 full_text_status: restricted abstract: Menghadapi tantangan pada abad 21, pemerintah membentuk program Guru Penggerak untuk mencanangkan Profil Pelajar Pancasila dan membentuk Pelajar Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui bagaimana peran guru penggerak dalam mewujudkan profil pelajar pancasila. Adapun metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik utama yaitu angket serta teknik penunjang yaitu wawancara dengan sampel penelitian adalah peserta didik kelas IX sebanyak 56 peserta didik. Alat bantu untuk menganalisis data pada penelitian ini yaitu menggunakan SPSS versi 20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Peran Guru Penggerak di SMP Negeri 2 Semaka Tanggamus dilihat dari kegiatan pembelajaran maupun kegiatan diluar pembelajaran yang memberikan perubahan dalam mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. Guru Penggerak cukup mampu menerapkan perannya denga baik disetiap perilaku dan tindakannya di lingkungan sekolah. Kata Kunci: Guru Penggerak, Karakter, Pelajar Pancasila date: 2022-12-01 date_type: published publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN place_of_pub: UNIVERSITAS LAMPUNG citation: Afis Hafifah Hasanah, 1813032044 (2022) PENGARUH PERANAN GURU PENGGERAK DALAM MEWUJUDKAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DI SEKOLAH. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. document_url: http://digilib.unila.ac.id/67967/1/1.%20ASBTRAK-ABSTRACT.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/67967/2/2.%20SKRIPSI%20FULL.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/67967/3/3.%20SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf