%0 Generic %A ALDA YUTIKA, 1813053085 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2022 %F eprints:67979 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T PENGARUH GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK DI SD NEGERI 3 TIUH MEMON %U http://digilib.unila.ac.id/67979/ %X Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPA peserta didik kelas IV dan V SD Negeri 3 Tiuh Memon. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh gaya belajar terhadap hasil belajar IPA. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode penelitian ex post facto. Populasi penelitian berjumlah 37 peserta didik dengan teknik pengumpulan data menggunakan angket dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan peserta didik SD Negeri 3 Tiuh Memon memiliki gaya belajar Visual 54,05%, Auditori 13,5%, dan Kinestetik 32,45%. Hasil belajar IPA peserta didik yang dilihat dari penilaian akhir semester (PAS) menunjukkan bahwa hasil belajar ada pada kategori sedang yang dicapai 37 peserta didik dengan persentase 83,80% dan rata-rata 68,70. Berdasarkan analisis data uji hipotesis menggunakan uji regresi sederhana diperoleh > yaitu 6,113 ≥ 2,030 maka ditolak dan diterima. Dengan demikian, ada pengaruh positif antara variabel gaya belajar dan hasil belajar. Koefisien korelasi (r) sebesar 0,753 korelasi berkategori kuat, koefisien determinasi r square sebesar 0,5678 yang berarti 56,78% hasil belajar IPA dipengaruhi gaya belajar dan 43,22% dipengaruhi oleh faktor lain. Kata kunci: gaya belajar, hasil belajar IPA