TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints68000 UR - http://digilib.unila.ac.id/68000/ A1 - Ayu Puspita Sari, 1813041050 Y1 - 2022/10/18/ N2 - Masalah penelitian ini adalah bagaimana kesantunan bertutur dalam tindak tutur direktif anak usia lima tahun dan implikasinya pada pembelajaran Bahasa Indonesia di Taman Kanak-Kanak (TK). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesantunan bertutur dalam tindak tutur direktif anak usia lima tahun dan implikasinya pada pembelajaran Bahasa Indonesia di Taman KanakKanak (TK). Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah semua tindak tutur anak usia lima tahun yang bernama Muhamad David Khoirul Azzam. Data penelitian ini berupa tindak tutur direktif anak usia lima tahun tersebut. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik simak bebas libat cakap, teknik catat, dan teknik rekam. Kemudian, teknik analisis data yang digunakan adalah analisis heuristik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa anak usia lima tahun yang bernama Muhamad David Khoirul Azzam menggunakan tindak tutur direktif yang menaati dan melanggar maksim-maksim kesantunan, yaitu maksim kearifan, maksim kedermawanan, maksim pujian, maksim kerendahan hati, maksim kesepakatan, dan maksim simpati. Pelanggaran maksim kesantunan, meliputi pelanggaran maksim kearifan, maksim pujian, maksim kerendahan hati, maksim kesepakatan, dan maksim simpati. Selain itu, ditemukan juga kesantunan tindak tutur langsung dan kesantunan tindak tutur tidak langsung. Kesantunan tindak tutur langsung ditandai dengan penanda kesantunan tolong, ayo, coba, maaf, dan terima kasih. Pada kesantunan tindak tutur tidak langsung menggunakan dua bentuk tuturan, yaitu deklaratif dan interogatif. Tuturan deklaratif sebagai kesantunan ajakan, permohonan, menasihati, dan larangan, sedangkan tuturan interogatif sebagai kesantunan berupa perintah dan meminta. Selanjutnya, hasil penelitian ini dapat diimplikasikan pada pembelajaran Bahasa Indonesia berupa rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dengan KD 2.14, yaitu memiliki perilaku yang mencerminkan sikap rendah hati dan santun kepada orang tua, pendidik, dan teman. Kata kunci: kesantunan, tindak tutur direktif, heuristik PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - KESANTUNAN BERTUTUR DALAM TINDAK TUTUR DIREKTIF ANAK USIA LIMA TAHUN DAN IMPLIKASINYA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI TAMAN KANAK-KANAK (TK) AV - restricted ER -